Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Bima Arya Instruksikan Maksimalkan BOR di 21 Rumah Sakit

Jumat, 18 Feb 2022 - 11:57 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Bima Arya Instruksikan Maksimalkan BOR di 21 Rumah Sakit

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto instruksikan untuk memaksimalkan kesiapan tempat tidur isolasi atau Bed Occupation Rate atau BOR di 21 rumah sakit. Bima Arya instruksikan ini dalam menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19 harian yang mencapai 1.043 orang.

“Kami minta naikkan BOR ke angka maksimal seperti kasus varian delta tahun lalu,” kata Bima Arya mengutip dari ANTARA, Jumat (18/2/2022).

Bima mengatakan dari 800 tempat tidur isolasi yang tersedia di 21 rumah sakit dalam menghadapi penyebaran varian omicron, kini sudah 1.300 seperti saat lonjakan varian delta.

Instruksi itu sudah ia berikan melalui Dinas Kesehatan sejak lonjakan kasus positif COVID-19 mencapai 1.043 orang pada Kamis (17/2).

Baca juga
Presiden China Mengaku Khawatir Kasus COVID-19 Melonjak Jelang Imlek

Bima Arya menyerukan agar masyarakat kembali mengetatkan protokol kesehatan agar terhindar dari terpapar penyakit menular varian baru virus corona itu.

Varian Omicron yang lebih cepat menular namun akan berdampak ringan bahkan tidak bergejala apabila telah melaksanakan vaksinasi lengkap.

Di sisi lain, bagi warga lanjut usia (lansia), memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih baik di rumah saja. Hal ini karena mereka masuk kelompok renta terhadap gejala yang mungkin terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno sebelumnya mengatakan kebanyakan yang memerlukan perawatan rumah sakit adalah kelompok renta tersebut.

Ia menambahkan masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi lengkap dosis kesatu, kedua dan penguat.

Baca juga
Turki Luncurkan Vaksin COVID-19 Lokal di Tengah Lonjakan Omicron

“Sampaikan kepada masyarakat prokes diperketat, laksanakan vaksinasi sampai dosis penguat bagi yang belum,” kata Bima.

Tinggalkan Komentar