Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Blak-blakan, Influencer AS Bongkar Cara Israel Lakukan Propaganda

Minggu, 17 Jul 2022 - 16:49 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Israel Propaganda
Bobby Lee (Foto CBS)

Komedian sekaligus aktor asal Amerika Serikat, Robert Lee Jr. atau Bobby Lee, blak-blakan mengakui ia bersama para selebritis lain dibayar Israel untuk jadi alat propaganda baru untuk menciptakan persepsi positif dari masyarakat pada saat kunjungannya tahun 2014 lalu.

Pemengaruh itu berbicara dalam podcast miliknya ‘Bad Friends’ tentang penyesalannya tersebut saat mengunjungi Israel setelah ia dipaksa untuk mempromosikan negara itu selama perjalanan yang ia pikir adalah ‘gratis’ pada 8 tahun lalu.

“Pemerintah Israel menerbangkan para selebritis secara gratis dari luar sana untuk melakukan tur secara gratis, dan itu semua dibayarkan, mereka memberikanmu fasilitas first class,” ungkap Bobby Lee mengutip laman Youtube Middle East, Dikutip Minggu (17/07/2022).

Baca juga
Invasi Rusia di Ukraina Timbulkan Krisis Pangan Pada Warga Palestina

“Namun, teryata itu semua tidak gratis, karena setiap hari anda dituntut harus mencuit hal-hal positif tentang Israel,” tambahnya.

“Ketika setiap cuitan harus mentag akun pemerintah Israel dan saya merasa sangat tidak nyaman dengan ini,” sesal Bobby.

Konflik antara Israel dan Palestina adalah salah satu konflik paling kompleks, kontroversial, dan berkepanjangan dalam sejarah dunia.

Sejak akhir abad ke-19, wilayah yang disengketakan di Timur Tengah sering menjadi tempat bentrokan dan masing-masing bangsa berusaha mempertahankan wilayahnya sendiri.

Tinggalkan Komentar