Selasa, 07 Februari 2023
16 Rajab 1444

Blusukan di Pasar, Inilah Perintah Jokowi untuk Mendag Zulhas

Selasa, 12 Jul 2022 - 12:40 WIB
Blusukan di Pasar, Inilah Perintah Jokowi untuk Mendag Zulhas - inilah.com
Presiden Jokowi saat blusukan di Pasar Sukamandi, Subang Jawa Barat, Selasa (12/7/2022). Foto: Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan mandatnya kepada Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru Zulkifli Hasan. Menurut presiden, yang paling penting bagi Mendag adalah upaya menurunkan harga minyak goreng curah berada di Rp14.000 per liter atau di bawahnya.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp14.000 atau di bawah Rp14.000. Paling penting itu. Tugas dari saya itu,” kata Presiden Jokowi saat blusukan di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Menurut Jokowi, Mendag yang akrab disapa Zulhas itu melakukan sidak ke pasar-pasar adalah dalam rangka mengecek apakah harga minyak goreng curah sudah berada di Harga Eceran Tertinggi (HET) itu.

Baca juga
Jokowi Diduga Mengetahui Satgassus, Pengamat: Negara Bisa Dituding Lakukan Kriminal

“Saya pun sama mengecek harga minyak goreng. Utamanya yang kita cek, minyak goreng curah ini. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium. Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14 ribu atau di bawahnya,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden menyatakan, harga minyak goreng curah di pasar-pasar yang ia datangi sudah bertengger di angka Rp14 ribu per liter. “Kalau di luar Jawa, ada yang masih di atas Rp14 ribu. Satu per satu akan kita selesaikan,” ungkap Jokowi.

Soal Energi dan Pangan, Jangan Terpeleset

Di atas semua itu, presiden menegaskan, semua menteri harus fokus bekerja terutama yang berkaitan dengan energi dan pangan.

Baca juga
Jokowi Hadiri Rakernas PDIP, Bahas Pemilu 2024 dan Capres-Cawapres

“Penting! Ini saya urus terus. Urusan yang berkaitan dengan BBM (Bahan Bakar Minyak), energi batu bara, semua. Karena dunia sedang terdistrupsi di energi dan pangan. Kita harus konsentrasi, jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” imbuh Presiden Jokowi seraya mewanti-wanti.

Untuk memastikan harga minyak goreng kemasan bertengger di level HET atau di bawahnya, Mendag Zulhas sebelumnya sudah meluncurkan minyak goreng rakyat kemasan sederhana. Migor kategori ini bermerek Minyakita. Peluncuran dilakukan di halaman Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Rabu (6/7/2022).

Minyakita merupakan minyak goreng curah yang kini dikemas lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Migor jenis ini akan dijual sesuai dengan HET Rp14.000 per liter.

Tinggalkan Komentar