Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Blusukan ke Pasar Koja Baru, Zulhas Jadi Target Selfie Pedagang dan Pengunjung

Jumat, 17 Jun 2022 - 19:10 WIB
1655461858804 - inilah.com
Mendag Zulhas jadi target selfie pedagang dan pengunjung Pasar Koja Baru, Jakut. Zulhas blusukan ke Pasar Koja Baru untuk memastikan ketersediaan komoditas dengan harga terjangkau. Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) jadi target swafoto (selfie) pedagang dan pengunjung ketika blusukan ke Pasar Koja Baru, Jakut, Jumat (17/6/2022). Zulhas kembali meninjau pasar setelah pada Kamis (16/6/2022) mengecek harga pangan di Pasar Cibubur.

Zulhas tiba di Pasar Koja Baru sekitar pukul 13.00 WIB. Zulhas tampak sederhana mengenakan kemeja biru muda dan langsung menyapa pedagang dan pengunjung pasar. Turut mendampingi Ketum PAN dalam agenda peninjaun kali ini jajaran pejabat Eselon II Kemendag dan Kepala Pasar Jaya Koja Baru.

Zulhas aktif berdialog dengan sejumlah pedagang yang menjual sembako serta minyak goreng curah. Tidak sekadar berdialog dan memastikan harga jual, Zulhas turut memborong dagangan cabai, bawang merah, telur dan daging ayam.

Baca juga
Harga Pangan Naik tapi Terjaga, Menko Airlangga Sumringah

Sontak saja, kedatangan Zulhas membuat kaget pengunjung dan sejumlah pedagang. Setiap melintas, Zulhas harus berhenti sejenak karena banyak warga yang mengajak selfie. “Pak Menteri, mampir beli ayamnya Pak. Foto bareng dong, Pak,” ujar pedagang ayam.

Blusukan yang dilakukan Zulhas untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta minyak goreng curah. Pasalnya, Presiden Jokowi menugaskannya untuk memastikan ketersediaan komoditas dengan harga terjangkau. “Saya dapat tugas khusus, saya diberitahu, ‘Pak Zul pastikan ketersediaan pangan dan harga terjangkau’. Saya ingin fokus satu-dua tahun ini untuk ketersediaan dan harga pangan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Zulhas turut menyerap aspirasi dari pedagang. Seorang pedagang cabai mengaku kesulitan karena tingginya harga cabai. Menyikapi hal itu, Zulhas mengaku bakal berkoordinasi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga
Puan dan Anies Akrab saat Nonton Formula E, Ada yang Atur di Belakangnya?

“Kita akan selesaikan (kenaikan harga cabai). Setelah ini saya akan langsung koordinasi dengan Mentan untuk mencari jalan keluarnya,” ujarnya.

Ketika meninjau Pasar Cibubur, Jaktim, sejatinya Zulhas turut menerima keluhan tingginya harga cabai dari pedagang. Setelah menerima keluhan serupa dari dua pasar berbeda, Zulhas bakal menuntaskan kenaikan harga cabai dan komoditas lainnya.

“Dan itu kita tadi lihat langsung bahan pokok hampir semua naik, kecuali beras. Cabai naik 20-30%, Rp80.000-Rp110.000. Bawang merah juga naiknya hampir 20%,” kata Mendag.

Tinggalkan Komentar