Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Blusukan ke Pasar, Mendag Zulhas Serap Keluhan Pedagang Soal Lonjakan Harga Bahan Pokok

Kamis, 16 Jun 2022 - 10:54 WIB
Whatsapp Image 2022 06 16 At 9.14.20 Am(1) - inilah.com
Mendag Zulkifli Hasan saat blusukan dan berdialog dengan pedagang di Pasar Jaya Cibubur, Jakarta TImur, Kamis (116/6/2022). Foto: Inilah.com/Agus Priatna

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) blusukan memantau langsung ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang perayaan Idul Adha di Pasar Jaya Cibubur, Jakarta Timur, Kamis pagi (16/6/2022). Dalam pemantauannya, Zulhas menyerap keluhan pedagang soal lonjakan harga sejumlah kebutuhan pokok.

“Kita melihat harga-harga bahan pokok, saya terus terang syok juga. Karena pembelinya mengeluh, yang dagang juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat,” kata Zulkifli di Pasar Jaya Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Zulhas tiba di Pasar Jaya Cibubur mengenakan kemeja biru muda dan turut didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan sejumlah pejabat Kementerian Perdagangan (Kemendag) serta Direktur Utama PD Pasar Djaya, Arief Nasrudin.

Baca juga
Zulkifli Hasan Tegaskan Komitmen PAN Sebagai Partai Cerdas Berintegritas

Zulhas menjelaskan, hampir seluruh komoditas seperti cabe, bawang hingga daging ayam dan sapi di Pasar Jaya Cibubur mengalami kenaikan harga. Kecuali beras yang relatif stabil.

“Dan itu kita tadi lihat langsung bahan pokok hampir semua naik, kecuali beras. Cabe 20 sampai 30 persen, Rp80 ribu hingga Rp110 ribu. Bawang merah juga naiknya hampir 20 persen,” terang Zulhas.

“Ayam dari Rp21 ribu naik sampai Rp26 ribu. Daging sapi naik juga, tapi pembelinya turun drastis karena penyakit mulut dan kuku (PMK) jadi mengurangi beli daging. Kalau terigu jelas barang impor,” sambungnya.

Soroti Ketergantungan Impor

Zulhas juga menyoroti Indonesia yang masih memiliki ketergantungan impor sejumlah komoditas pada negara lain. Sehingga, lanjut dia, Kemendag segera membahas dengan sejumlah pihak terkait untuk menemukan solusi jangka pendek dan panjang dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

Baca juga
Borok yang Terkuak

“Dengar keluhan pedagang, kita akan bekerja cepat karena tidak hanya domain Kemendag maka akan dibahas bersama Menko Perekonomian dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian. Solusi jangka pendek dan panjang kita atasi. Kita akan menyelesaikan bareng-bareng dengan kementerian terkait, tidak mudah apalagi impor, mengatasi ketergantungan impor nanti kita akan selesaikan bareng,” bebernya.

Dalam pemantauannya ini, Zulhas turut meninjau para pedagang dan titik penjualan minyak goreng curah untuk masyarakat di sekitar Jakarta Timur.

Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dilantik Presiden Jokowi sebagai Mendag menggantikan Muhammad Lutfi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022) kemarin.

Baca juga
Meski Cenderung Ikut AS, Rusia Masih Anggap Indonesia Negara Sahabat

 

 

Tinggalkan Komentar