BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi

BMKG Imbau Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi - inilah.com

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada para nelayan di sejumlah daerah untuk mewaspadai gelombang tinggi saat masa peralihan.

“Gelombang tinggi, badai, angin kencang, atau cuaca buruk dapat sewaktu-waktu terjadi. Ketinggian gelombang bisa mencapai kisaran 4-6 meter,” kata Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG.

Beberapa daerah yang akan mengalami cuaca ekstrem di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau bagian selatan, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat hingga selatan, Sulawesi, Maluku Utara bagian barat, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian selatan.

Menurutnya, cuaca ekstrem diperkirakan bakal terjadi selama satu pekan ke depan dan hal ini sangat mempengaruhi keselamatan para nelayan yang tengah mencari ikan. Selain harus mengikuti informasi cuaca sebelum berlayar, nelayan juga diharap membaca tanda-tanda alam.

Baca juga  Gempa Guncang Bengkulu dan Bali Pagi Ini, Getaran Dirasakan hingga Lombok

“Tanda-tanda alam seperti kemunculan awan Cumulonimbus yang berbentuk seperti bunga kol bergulung-gulung. Informasi dari BMKG bisa dijadikan pijakan keputusan, apakah akan melaut atau tidak,” ujarnya.

Beberapa perairan yang berpotensi memiliki gelombang setinggi 2,5-4 meter di antaranya:
– Selat Sunda bagian Selatan
– Perairan Selatan Banten hingga P. Sumbawa
– Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan
– Samudra Hindia Selatan Banten hingga NTB
– Perairan Selatan Kep. Tanimbar
– Laut Arafuru bagian Tengah dan Timur

Tinggalkan Komentar