BMKG Ingatkan 26 Wilayah Waspada Banjir Bandang

BMKG Ingatkan 26 Wilayah Waspada Banjir Bandang - inilah.com
foto istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan ancaman banjir bandang yang dikhawatirkan terjadi di 26 wilayah hingga 9 November 2021 besok.

26 wilayah yang tercatat masuk level waspada banjir bandang di antaranya Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimatan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku.

BMKG juga mencatat lima wilayah siaga banjir bandang di antaranya Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah. Level siaga dan waspada ini merupakan peringatan dini dari BMKG memasuki masa dasarian awal November.

Baca juga  BMKG Ingatkan Waspadai Banjir Bandang dan Tsunami

Intensitas hujan yang tinggi juga telah mengakibatkan banjir bandang di beberapa wilayah seperti Malang tepatnya Kota Batu yang menelan tujuh korban jiwa karena terseret arus banjir.

BMKG menilai La Nina dan monsun Asia menjadi salah satu penyebab tingginya curah hujan di Indonesia yang sejatinya telah terjadi sejak Oktober 2021. “Hal itu berpotensi makin meningkatnya risiko terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan angin kencang,” kata Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Tinggalkan Komentar