Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

BMKG Ingatkan Warga Jatim Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Ada Apa?

Selasa, 03 Jan 2023 - 09:05 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Perahu Wisata, Ancol, Jakarta Utara, Cuaca Ekstrem, Mendung, Hujan, Jakarta, - inilah.com
Ilustrasi. Perahu wisata saat beroperasi di tengah cuaca mendung. (foto: Inilah.com/Didik Setiawan)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di Jawa Timur (Jatim) sepekan kedepan.

Kepala Stasiun BMKG Juanda, Taufiq Hermawan, mengatakan cuaca ekstrem berpotensi melanda beberapa wilayah di Jatim dalam sepekan ke depan.

“Jatim saat ini berada pada puncak musim hujan, dan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jatim masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem, di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan,” kata Taufiq melalui keterangannya, Senin (2/1/2022).

Cuaca Senin Januari - inilah.com

Taufiq menyebutkan, berdasarkan pantauan BMKG, ada pola tekanan rendah Ex-TC (bekas badai tropis) Ellie di Australia bagian Utara yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi atau pertemuan angin di wilayah pulau Jawa.

Baca juga
Prakiraan Daerah di Jabar Potensi Banjir Bandang Hari Ini dan Besok

“Maka perlu diwaspadai peningkatan kecepatan angin yang dapat mencapai lebih dari 20 knot (40km/jam) dari pagi hingga sore hari di seluruh wilayah Jatim,” ucapnya.

Ia mengatakan banyak daerah yang akan mengalami cuaca buruk seperti Kota Batu, Kota dan Kabupaten Blitar, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Malang, Ngawi, Bondowoso dan Nganjuk.

Hal ini juga terjadi di Kota dan Kabupaten Probolinggo, Situbondo, Bojonegoro, Jember, Jombang, Lumajang, Ponorogo dan Kabupaten Mojokerto, Trenggalek, Gresik, Lamongan, Maluggency, Sidoarjo, Tuban, Pamekasan, Sumenep, Jember , serta kota dan Kabupaten Pasuruan.

Masyarakat Jatim diimbau untuk selalu mewaspadai dampak bencana dan selalu memantau informasi terkini berdasarkan citra radar cuaca.

Tinggalkan Komentar