Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

BNPB Kirim Tim Bantu Penanganan Dampak Gempa Nias Selatan

Senin, 14 Mar 2022 - 11:51 WIB
Bnpb Kirim Tim
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto (ist)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan segera mengirim tim untuk membantu penanganan dampak gempa yang terjadi pada Senin (14/3/2022) pagi di wilayah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

“Hari ini secepatnya BNPB juga akan segera mengirimkan tim ke sana untuk dapat mengetahui secara pasti terkait dengan dampak gempa ini,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers yang diikuti via daring dari Jakarta, Senin.

“Yang menjadi prioritas pertama dari kita adalah keselamatan masyarakat, keselamatan orang ini menjadi prioritas utama,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, tim BNPB akan mendata korban gempa dan sarana-prasarana yang rusak akibat gempa serta mendampingi pemerintah daerah menangani dampak gempa.

Baca juga
PDAM Cianjur Pulihkan 13 Titik Pipa Saluran Air Terdampak Gempa

“Kami pastikan bahwa negara, pemerintah pusat, ini akan hadir dalam kesempatan pertama dan memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan dasar bagi masyarakat terdampak ini bisa terpenuhi,” kata Suharyanto.

Ia mengimbau warga tidak panik saat terjadi gempa. Suharyanto pun menekankan pentingnya warga melakukan evakuasi secara mandiri saat gempa terjadi.

“Karena berdasarkan pengalaman gempa sebelumnya, terjadinya korban ini bukan akibat gempa itu sendiri, tetapi akibat bangunan yang roboh menimpa kepada masyarakat atau orang-orang yang beraktivitas di dalamnya,” kata dia.

Ia juga mengemukakan perlunya warga mempersiapkan bekal pribadi berupa makanan, obat, alat komunikasi, dan perlengkapan keselamatan lain yang bisa digunakan sewaktu-waktu terjadi bencana.

Baca juga
Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Taiwan

Di samping itu, menurut Suharyanto, kelompok warga bisa menunjuk orang yang dipercaya untuk memimpin evakuasi ke tempat yang dinilai aman saat terjadi bencana.

Tinggalkan Komentar