BNPB Siapkan Peringatan Dini Hadapi Bencana Hidrometeorologi

BNPB Siapkan Peringatan Dini Hadapi Bencana Hidrometeorologi - inilah.com

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menyiapkan strategi pengurangan risiko bencana. Yakni  menyelenggarakan sistem peringatan dini yang efektif dan masif pada setiap tingkatan, baik nasional, provinsi, kabupaten dan kota bahkan masyarakat.

Dalam menghadapi ancaman bahaya Hidrometeorologi tidak terlepas dari dua komponen utama yaitu komponen struktur serta komponen kultur.

“Komponen struktur merujuk pada infrastruktur pengamatan dan monitoring, seperti yang telah dilakukan oleh lembaga teknis, seperti BMKG dan PVMBG. Sedangkan komponen kultur sebagai diseminasi peringatan dini dan kapasitas masyarakat,” kata Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Prasinta Dewi.

Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Pusat Pengendalian Operasi atau Pusdalops menjadi sangat penting. BNPB melalui Direktorat Peringatan Dini BNPB, selalu menyampaikan surat edaran peringatan dini terkait potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, kekeringan maupun kebakaran hutan dan lahan.

Di sisi lain, BNPB juga secara berkala menginformasikan analisis prediksi banjir melalui laman dan Whatsapp Group. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh BPBD untuk kesiapsiagaan dan konsolidasi antarpemangku maupun mitra di tingkat lokal.

 
Baca juga  Andika Akhirnya Dilantik Jadi Panglima Setelah Tertunda 10 Hari

Tinggalkan Komentar