BNPT Ceritakan Aktivitas Ustaz Farid Okbah di Afghanistan

Farid Okbah 15 - inilah.com
Ustaz Farid Okbah

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan Farid Okbah (FAO) pernah pergi ke Afghanistan.

Tapi, bukan untuk latihan militer bersama Al-Qaeda.”FAO ke Afganistan tidak dalam rangka pendidikan dan latihan. Yang bersangkutan itu salah satu aktor intelektual atau mentornya JI, yang bersangkutan juga mendidik dan melatih para Ustaz kelompok kanan. JI berafiliasi dengan Al-Qaeda di Afganistan,” kata Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjen Ahmad Nurwahid, Kamis (18/11/2021).

Farid Okbah merupakan afiliator atau koordinator JI untuk Al-Qaeda di Afghanistan. Namun, dia tidak menjelaskan rinci perihal terakhir kali Farid Okbah pergi ke Afghanistan.

Yang jelas, Ahmad menuturkan Farid Okbah pernah ditunjuk sebagai Ustaz yang melatih sejumlah kader Jamaah Islamiah pada tahun 1992.

Baca juga  Ada Anggotanya Tertangkap Densus 88, MUI Pusat Siap Beberkan Fakta

“Di tahun-tahun 1992-an ditunjuk sebagai ustaz yang ditunjuk mentraining sejumlah kader ustaz-ustaz yang menyebarkan visi dan misi JI dengan mendalaman kitab wahabi, fiqih jihad yang kemudian dikembangkan kepada kader-kader pesantren JI dan anggota JI di daerah dengan mengadakan dauroh-dauroh,” tukasnya.

Ustaz Farid Okbah yang ditangkap atas dugaan kasus terorisme juga tercatat merupakan alumni kombatan di Afghanistan.

Farid merupakan lulusan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Seusai itu, dia tergabung dalam organisasi teroris Jamaah Islamiah (JI) dan pernah ke Afghanistan.

Selain itu, Farid juga diduga merupakan anggota dewan syariah Lembaga Amil Zakat BM Abdurrohman Bin Auf (LAZ-ABA). LAZ BM ABA ini merupakan yayasan yang

Baca juga  Peserta BJPS Kesehatan Dapat Suntik Booster Gratis di 2022

Diketahui, LAZ ABA merupakan yayasan yang terafiliasi teroris Jamaah Islamiah (JI). Yayasan ini bertugas untuk menghimpun dana dari masyarakat.

Tinggalkan Komentar