Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

BNPT Ingatkan Masyarakat Bahaya Terorisme

Kamis, 16 Sep 2021 - 11:13 WIB
Penulis : Anton Hartono
BNPT Ingatkan Masyarakat Bahaya Terorisme - inilah.com

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai kejahatan terorisme. Sehingga masyarakat diminta ikut berperan memutus mata rantai terorisme.

“Jangan sampai kita menjadi korban, kita waspada jangan sampai ada di lingkungan kita terekrut menjadi anggota jaringan terorisme,” ujar Komjen Boy Rafli Amar Kepala BNPT.

Ini menyusul adanya peringatan dari pemerintah Jepang terhadap warganya yang berada di negara Asia Tenggara agar mewaspadai potensi serangan terorisme.

Karena itu BNPT saat ini tengah berkoordinasi dengan pemerintah Jepang terkait peringatan tersebut. Tujuan koordinasi ini adalah untuk mengetahui apa yang mendasari pemerintah Jepang membuat surat peringatan mengenai terorisme.

Baca juga
Kotak Amal Modus Terakhir Teroris untuk Galang Dana

“Kita sedang membuka komunikasi masalah ini. Karena kebetulan Jepang memiliki duta besar tersendiri untuk masalah antiterornya,” jelasnya.

Dirinya menilai peringatan dari pemerintah Jepang itu adalah positif agar masyarakat lebih waspada akan kejahatan terorisme. Karena kejahatan terorisme bisa terjadi kapan saja dan bisa melibatkan siapa pun, baik korban maupun pelaku teror.

“Masyarakat harus bisa memutus perekrutan pelaku teror,” harapnya.

Boy menjelaskan para teroris umumnya tidak mengusung ideologi Pancasila melainkan merujuk ideologi yang mereka yakini sendiri.

Seperti halnya intoleran, kekerasan serta menghalalkan segala cara dan bahkan mengkafirkan orang lain.

“Politiknya ingin berkuasa atau ingin merebut kekuasaan bahkan dengan cara kekerasan kepada orang-orang yang tidak sejalan dengan mereka, bahkan mereka bisa melawan negara,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar