Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

BNPT Kecolongan Teror Bom Astana Anyar

Rabu, 07 Des 2022 - 16:38 WIB
Bom3 - inilah.com
Kondisi salah satu bagian Polsek Astana Anyar usai terjadi bom bunuh diri di Markas Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pukul 08.45 WIB. (Foto: Medsos)

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dinilai kecolongan pada kasus ledakan bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu pagi (7/12/2022).

“Peristiwa bom bunuh diri, BNPT kecolongan,” kata Anggota Komisi III DPR RI Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Politikus Partai Demokrat ini meminta seluruh pihak terkait mewaspadai potensi bom bunuh diri menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023. Kejadian serupa tak boleh terulang.

Ia mengingatkan polisi dan Badan Intelijen Negara (BIN) harus mendeteksi upaya teror tersebut. Bahkan, dia meminta agar masyarakat benar-benar aman saat merayakan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga
Berlangsung Sengit, Verstappen jadi Jawara GP Arab Saudi 2022

Santoso juga meminta program deradikalisasi BNPT tidak hanya berorientasi pada penyerapan anggaran. BNPT harus benar-benar membentuk sikap toleransi masyarakat terhadap perbedaan maupun pandangan politik.

Terkait hal itu, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

“Kesulitan bahwa ideologi terorisme itu adalah dari alam pikiran. Apakah kita bisa serta merta membaca alam pikiran, isi kepala semua warga bangsa Indonesia,” katanya dalam tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, ideologi terorisme yang berasal dan berada dari alam pikiran pelaku teror tidak mudah untuk dibaca. Begitupun untuk mengetahui warga negara Indonesia yang mungkin memiliki pemikiran radikal terorisme.

Baca juga
Anies Resmikan Gapura Chinatown Jakarta, Pernah Dihancurkan Jepang pada 1938

Sebelumnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana menyatakan ada 11 korban yang timbul akibat bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12) pukul 08.20 WIB. Dari 11 orang itu, satu anggota polisi tewas akibat bom, sedangkan 10 orang lainnya mengalami luka-luka.

Tinggalkan Komentar