Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Bonceng Motor, Zulhas Susuri Tiga Kampung Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 Nov 2022 - 14:19 WIB
Bonceng Motor, Zulhas Susuri Tiga Kampung Terdampak Gempa Cianjur - inilah.com
Mendag Zulhas mengunjungi tiga Kampung di Desa Nagrak, yang terdampak gempa Cianjur dengan membonceng sepeda motor, Minggu (27/11/2022). (Foto: Inilah.com/Safarian Shah)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi tiga kampung di Desa Nagrak, Cianjur dengan membonceng sepeda motor. Maksudnya, agar Mendag lebih leluasa dalam menyalurkan bantuan berupa uang, sembako dan kebutuhan lainnya.

Bantuan disalurkan pada Minggu (27/11/2022) kepada warga yang terdampak gempa bumi di Cianjur. Pantauan Inilah.com, Zulhas tiba sekitar pukul 10.00 WIB di Kantor Bupati Cianjur untuk terlebih dahulu berjumpa dengan Bupati Cianjur Herman Suherman dan Kepala BNPB Letjen Suharyanto.

Zulhas yang langsung bertolak dari Jakarta ini memang berencana akan mengunjungi tiga Kampung di Desa Nagrak, Cianjur. Kemudian, Zulhas didampingi Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dan sejumlah fungsionaris partai menyambangi Kampung Cikamuning.

Mereka menyapa langsung para warga di tenda darurat yang dibangun untuk tempat pengungsian sementara. Di Kampung Cikamuning, Zulhas memberikan bantuan uang tunai Rp500 ribu per rumah untuk membantu dan meringankan beban warga yang terdampak gempa bumi.

Baca juga
Nusantara Sedang tidak Baik-Baik Saja 

Lalu, saat hendak ke lokasi kedua di Kampung Rawacina, Zulhas kemudian menyarankan untuk mengendarai sepeda motor agar tak menghambat arus lalu lintas di Jalan Cikamuning, Nagrak, Cianjur.

Akhirnya, Zulhas dibonceng oleh salah seorang fungsionaris DPP PAN dan sesekali menyapa warga yang sedang mengendarai kendaraan dari arah yang berlawanan. “Pak Menteri, Pak Zulkifli, sehat Pak?” kata salah seorang pengendara. “Alhamdulillah baik Pak,” jawab Zulhas.

Bahkan, dalam keadaan jalanan macet, ada masyarakat yang menghampiri Zulhas untuk mengajak berswafoto. “Pak boleh foto bareng enggak Pak?” tanya seorang emak-emak. “Iya silakan Bu, sehat-sehat selalu ya Bu,” jawab Zulhas lagi.

Lebih lanjut, Zulhas menyusuri lika-liku jalanan yang mengarah ke kaki Gunung Gede Pangrango dan tiba di Kampung Rawacina dan Kampung Cikarenyom untuk memberikan bantuan uang dan logistik untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak gempa di Cianjur.

Baca juga
Pastikan Migor Rp14 Ribu Tersedia, Mendag Aktifkan ‘Task Force’ 24 Jam

Zulhas disambut riuh warga yang ingin menyalami dan bertemu langsung dengan Zulhas dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat. “Terimakasih Pak Menteri, semoga dibalas Allah kebaikannya,” ungkap para warga teriring doa.

Gayung bersambut, Mendag juga memberikan dukungan semangat dan apresiasi kepada para relawan, beberapa Brimob dan Satpol PP. “Sebagai pembantu presiden, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga, karena bapak-bapak semua menjadi pahlawan siang dan malam membantu dan menjaga korban bencana,” timpal Zulhas.

Menurutnya, mereka rela meninggalkan anak istri dan mengambil risiko untuk turun ke pusat gempa. “Berani mengorbankan diri bersama rakyat,” ucap Zulhas yang juga Ketum PAN.

Baca juga
Sambangi Pasar Koja, Mendag Zulhas Komitmen Wujudkan Stabilitas Harga Pangan

Dalam kunjungan itu, Zulhas juga memberikan bantuan dana untuk petugas keamanan dan para relawan yang bertugas di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Terutama, ia ingin memfokuskan penyaluran bantuan uang tunai untuk membantu memulihkan perekonomian korban gempa.

Menurut Zulhas, dana tunai sementara telah terkumpul Rp2,5 miliar. “Insya Allah kita masih cari lagi bantuan dana tunai, mudah-mudahan bisa sampai Rp5 miliar,” pungkas Mendag.

Tinggalkan Komentar