Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Bos Huawei Akhirnya Bebas, Langsung Pulang ke China

Sabtu, 25 Sep 2021 - 18:53 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Bos Huawei Akhirnya Bebas, Langsung Pulang ke China - inilah.com
Putri Pendiri Huawei Ren Zhengfei, CFO Huawei Technologies, Meng Wanzhou bebas (ist)

Chief Financial Officer (CFO) Huawei Technologies, Meng Wanzhou, akhirnya bebas. Meng dibebaskan pemerintah Kanada pada Jumat (24/9/2021), setelah meneken perjanjian penangguhan penuntutan dalam kasus penipuan dan spionase yang dituduhkan AS kepadanya.

Wiliam Taylor, salah satu kuasa hukum yang mendampingi Meng mengatakan, dalam perjanjian itu AS tidak mendakwa Meng dan proses ekstradisi di Kanada dihentikan.

“Dia belum mengaku bersalah dan kami sepenuhnya berharap dakwaan akan dihentikan setelah empat belas bulan. Sekarang, dia akan bebas kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarganya,” kata Taylor dikutip Global Times.

Menghadiri sidang federal AS secara virtual dari Kanada, bos raksasa teknologi China itu menyampaikan terima kasih kepada Kedutaan Besar China di Kanada, tim pengacara, dan partner yang berusaha keras mengakhiri statusnya sebagai tahanan rumah.

“Meskipun dalam masa-masa yang sangat sulit, selalu ada harapan,” kata Meng. 

Tak berlama-lama menghirup udara bebas, dilaporkan Xinhua, putri pendiri Huawei Ren Zhengfei itu langsung terbang ke China menggunakan pesawat carteran.

Kepulangan Meng dikonfirmasi Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian. Dalam akun Weibo pribadinya, Zhao menyambut kepulangan bos Huawei itu.

Sebagai informasi, Meng menjalani tahanan rumah di Kanada hampir tiga tahun setelah tertangkap di bandara negara itu pada Desember 2018.

China pun merespons dengan menangkap dua warga negara Kanada, Michael Korvig dan Michael Spavor, atas tuduhan spionase.

Sejak saat itu hubungan bilateral China-Kanada memburuk. Bahkan dalam tiga tahun terakhir, pengamanan di depan gedung Kedutaan Besar Kanada di Jalan Dongzhimen Wai, Beijing, diperketat.

Tinggalkan Komentar