Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

BPBD Pamekasan Gunakan Ekskavator Buka Akses Longsor di Sumber Waru

BPBD Pamekasan Gunakan Ekskavator Buka Akses Longsor di Sumber Waru

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Jawa Timur mendatangkan ekskavator ke lokasi tebing longsor di Desa Sumber Waru, Kamis malam (10/3/2022). BPBD Pamekasan lakukan ini untuk membuka akses lalu lintas penghubung Pamekasan-Waru yang tertutup akibat longsor.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Pamekasan Amin Jabir, langkah itu dilakukan karena material longsoran tebing terlalu banyak dan tidak bisa dievakuasi dengan alat manual.

“Kalau dievakuasi secara manual, hingga besok tidak akan selesai, karena itu, malam ini juga kita datangkan ekskavator ke lokasi longsor,” katanya.

Tebing longsor di Desa Sumber Waru, Kecamatan Waru, Pamekasan itu terjadi setelah hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah itu mulai pagi hingga sore hari.

Baca juga
33.221 Warga di Sintang Masih Mengungsi Karena Banjir

Longsor tebing yang menutup akses jalan provinsi penghubung Kabupaten Pamekasan dengan Kecamatan Waru itu di kilometer 21 ke arah utara Kota Pamekasan.

Akibat kejadian ini, akses jalur lalu lintas dari arah Pamekasan menuju Kecamatan Waru dan sebaliknya macet total karena longsoran tebing menutup lebih dari separuh badan jalan.

“Target kami, tengah malam ini akses jalur lalu lintas yang terputus tersebut bisa kembali digunakan, karena jalur yang tertutup longsoran tebing ini merupakan jalur provinsi atau jalur utama penghubung Kota Pamekasan dengan Kecamatan Waru,” katanya.

Selain di Desa Sumber Waru, Kecamatan Waru longsoran tebing yang memutus akses jalur lalu lintas juga terjadi di Dusun Polay, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur.

Baca juga
Rekonstruksi, Dua Sejoli Dibuang ke Sungai Oleh 3 Oknum Anggota TNI

“Kalau di Kertagena Daya tidak dikerjakan malam ini, karena medan di sana sangat sulit yakni di tanjakan tinggi, dan tidak ada penerangan jalan umum sebagaimana di Desa Sumber Waru,” kata Jabir.

Petugas yang diterjunkan ke lokasi, sambung dia, hanya memotong pohon-pohon roboh yang menutup jalan, sedangkan evakuasi material longsoran bukit akan dilanjutkan Jumat (11/3/2022).

Tinggalkan Komentar