Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

BPBD Sukabumi Pastikan tidak Ada Kerusakan Pasca-Gempa Dua Kali

BPBD Sukabumi Pastikan Tidak Ada Kerusakan Pasca Dua Kali Gempa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Sukabumi memastikan dua guncangan gempa yang terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (16/3) tidak berdampak kepada kerusakan bangunan baik rumah maupun fasilitas lainnya.

“Hingga kini kami belum menerima laporan adanya kerusakan akibat dua gempa tersebut. Meskipun demikian, kami tetap menginstruksikan kepada seluruh petugas untuk mendata dan bersiaga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardana di Sukabumi, Rabu (16/3/2022).

Sebelumnya dalam kurun waktu kurang dari satu jam, dua gempa berkekuatan cukup besar mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya yang getarannya sempat membuat panik warga.

Baca juga
BMKG Terus Pantau Wilayah Terdampak Gempa 7,4 SR

Data yang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkan menunjukkan gempa pertama terjadi pada pukul 10.01 WIB dengan magnitudo (M) 5,3. Gempa ini berpusat di koordinat 7,94 derajat Lintang Selatan – 106,94 derajat Bujur Timur di kedalaman 64 km.

Selang satu jam kurang dari gempa pertama, warga Sukabumi kembali terkejut dengan guncang gempa tektonik susulan sekitar pukul 11.06 WIB. Meskipun magnitudonya lebih kecil yakni M 4,2 namun getarannya tetap mengejutkan warga.

Adapun lokasi gempa berada di koordinat 7.9 derajat LS dan 107.04 derajat BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 109 km tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 16 km.

Baca juga
Marah-Marah Terus, Mensos Risma Harus Dievaluasi

Imran mengatakan selain tidak ada kerusakan yang timbul akibat getaran gempa tersebut, pihaknya juga hingga kini tidak menerima laporan adanya korban terluka apalagi meninggal dunia.

“Warga tidak perlu panik, namun tetap waspada karena bisa saja gempa susulan terjadi kembali. Jika ada guncangan maka segera keluar rumah dan menjauh dari pohon besar dan bangunan atau ke areal lapang, serta memastikan keluarga tidak ada yang tertinggal di dalam rumah,” katanya.

Tinggalkan Komentar