Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

BPH Migas Sebut Stok Pertalite Hanya Cukup untuk 17 Hari ke Depan

BPH Migas Sebut Stok Pertalite Hanya Cukup untuk 17 Hari ke Depan
Ilustrasi Stok BBM/Foto: Istimewa

BPH Migas memastikan jika stok Bahan Bakar Minyak (BBM) semua jenis cukup aman menjelang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022. Ketersediaan BBM tersebut pemerintah pastikan hingga akhir bulan Mei 2022.

“Untuk sektor BBM kami sampaikan kondisi ketersediaan atau stok BBM ini normal dan cukup artinya ketahanan BBM untuk selama libur Lebaran telah tersedia,” kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Masing-masing BBM memiliki ketersediaan stok yang berbeda. Erika mencontohkan jenis Pertalite masih cukup untuk 17 hari ke depan. Untuk Pertamax stoknya mencukupi hingga 32 hari, Pertamax Turbo syoknya hingga 59 hari.

Baca juga
Bos Banggar DPR Minta BI dan OJK Pelototi Uang Kripto

Untuk jenis solar stoknya cukup hingga 21 hari, dexlite stoknya untuk 2 hari, Pertamina DEX selama 72 hari. Sedangkan untuk avtur cukup memenuhi kebutuhan selama 37 hari mendatang dan kerosene untuk 45 hari.

“Rata-rata total ketahanannya sekitar 21 hari , jadi bisa dipastikan masa mudik lebaran ini stok BBM kita cukup dan aman buat masyarakat,” kata Erika.

Dia mengatakan konsumsi BBM selama libur lebaran nanti prediksinya akan naik hingga 5 persen. Sebab masyarakat banyak menggunakan kendaraan pribadi selama musim mudik lebaran.

Namun untuk penggunaan solar, prediksinya akan turun karena adanya larangan truk angkut selama musim mudik dan balik lebaran pada 28-1 Mei 2022 (arus mudik) dan 7-9 Mei 2022 (untuk arus balik).

Baca juga
Minyak Dunia Meroket, Menteri Erick Beri Sinyal Pertamax Naik 1 April

“Karena terdapat pembatasan buat kendaraan logistik atau yang dilarang masuk tol dan non tol selama arus mudik dan arus balik,” katanya. [ikh]

Tinggalkan Komentar