Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Buatan Anak Bangsa, Ini 5 Fakta Menarik Mesin Pencari Gatotkaca

Selasa, 09 Agu 2022 - 19:14 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Tampilan Situs Gatotkaca (Foto: inilah.com)
Tampilan mesin pencari Gatotkaca (Foto: inilah.com)

Baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mencetuskan wacana Indonesia punya mesin pencari sendiri dengan nama Gatotkaca dengan harapan bisa menjadi pesaing Google.

Johnny mengklaim saat pertama kali mendapat mandat sebagai Kominfo sempat berencana menghadirkan mesin pencari buatan dalam negeri. Bahkan dia sudah memanggil tim khusus untuk membuat mesin pencari yang dinamai Gatotkaca. Hal itu disampaikan Johnny dalam wawancara di akun YouTube milik Deddy Corbuzier.

“Saya pada saat menjadi menteri pertama saya panggil tim. Saya panggil tim, bisa ga kita membuat search engine. Name it (sebutlah) ‘Gatotkaca’ misalnya,” kata Johnny.

“Berapa triliun duit yang dibutuhkan untuk membangun itu. Saya sudah mempersiapkan.” katanya.

Berikut 5 fakta menarik terkait mesin pencari Gatotkaca:

1.Terkendala Biaya

Gatotkaca hingga kini belum menyiapkan pengembangan teknologinya karena cukup sulit dan biayanya mahal. Namun, Menkominfo tidak menjelaskan detail berapa lama dan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi itu. Selain itu hal itu juga terkendala dengan kemunculan pandemi COVID-19. Ini membuat perhatian menjadi teralihkan.

Baca juga
Pasukan Brimob Siaga di Mabes Polri, Irjen Dedi: Tunggu Update dari Timsus Dulu

“Pengembangannya lebih susah dan mahal,” ujar Johnny dalam keterangannya baru ini.

2.Independensi Indonesia di sektor digital

Mesin pencari Gatotkaca dibuat untuk kelengkapan infrastruktur Information and communication technologies (ICT) dan downstream-nya yaitu aplikasi, inovasi, dan invensi baru, yang  harus dihasilkan untuk kebutuhan sendiri.

3. Kedaulatan digital

Menkominfo Johnny G Plate juga mengatakan ingin mencontoh dari negara yang punya search engine sendiri. Mengembangkan sendiri adalah pekerjaan besar, namun patut demi tujuan independensi.

“AS, Tiongkok, Rusia, Prancis, punya masing masing. Namun kita tentu suatu saat nanti kalau bisa mempunyai search engine kan baik juga,” katanya.

Baca juga
Puan: Gibran Dipertimbangkan Maju di Pilgub 2024

4. Jawaban mesin unik

Yang membuat Gatotkaca unik adalah respons yang dihasilkan ketika pengguna telah menekan tombol “search” atau menekan tombol enter pada keyboard kamu.

Bukannya informasi yang didapatkan layaknya mesin pencarian pada umumnya, mesin pencari Gatotkaca justru menjawab dengan informasi yang menjadi salah satu ucapan yang fenomenal dari presiden Indonesia kita saat ini dalam sebuah wawancaranya. Tulisannya menampilkan tulisan ‘ya ndak tau kok tanya saya.’

5.Respon Warganet 

warganet (netizen) turut mengomentari mesin pencari yang diklaim sebagai karya anak bangsa bernama Gatotkaca yang bisa diakses lewat https://gatotkaca.mooo.info. Kebanyakan ada yang mengharapkan Gatotkaca dapat menggantikan Google, ada pula yang menilai menggunakan layanan tersebut membuang-buang waktu.

“Alhamdulillah akhirnya bisa rilis. Rilis di hari Jumat adalah semangat pi in is. Silakan, mesin pencari karya anak bangsa, demi mendukung pak Plate. https://gatotkaca.mooo.info,” demikian tulis salah satu akun Twitter @lantip, dikutip Sabtu (6/8/2022).

Tinggalkan Komentar