Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Buka Rekening Online dan Gunakan Dengan Bijak, Ini Pilihan Anak Muda

Buka Rekening Online - inilah.com
Istockphoto

Mengelola keuangan secara bijak memang harus dimulai sedini mungkin. Anak muda zaman sekarang tentu harus semakin sadar bahwa manajemen finansial sangatlah penting. Apalagi teknologi dan fasilitas perbankan saat ini sudah sangat mendukung. Salah satunya adalah kemudahan buka rekening online dan menggunakan rekening tersebut lewat aplikasi mobile banking.

Akun rekening yang bisa diakses secara online jelas akan memberi banyak kemudahan bagi anak muda di era digital ini. Berbagai kebutuhan transaksi bisa terpenuhi jauh lebih praktis dan cepat, sesuai dengan tuntutan gaya hidup kekinian.

Pemakaian Rekening Online secara Bijak
Meskipun sudah dimudahkan dengan produk tabungan kekinian yang dapat diakses secara online, anak muda tetap harus menggunakannya secara bijak. Jangan sampai kemudahan fasilitas ini justru membuat anak muda kehilangan kendali dalam mengatur keuangannya. Berikut adalah beberapa cara bijak dalam menggunakan fasilitas tabungan kekinian:

⦁ Selalu Buat Budget Plan
Prinsip penting dalam manajemen keuangan bagi anak muda adalah pembuatan budget plan. Ingatlah selalu untuk memiliki budget plan bulanan. Setiap kali menerima gaji, kelola sebaik mungkin dan buat budget plan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Penyusunan budget plan ini akan membantu kamu untuk mengontrol pemakaian dana secara efektif.

Zaman sekarang ini fasilitas perbankan memang semakin mudah untuk dijangkau. Kemudahan transaksi bisa diakses kapan saja di mana saja. Hal ini bisa jadi menguntungkan tapi juga bisa berbahaya jika tidak ada kontrol terhadap pemakaian uangmu. Gunakan semua fitur atau fasilitas transaksi online sesuai kebutuhan. Ikuti budget plan yang sudah kamu buat dan selalu urutkan prioritas kebutuhan.

Mudah saja untuk buka rekening online dan menikmati semua fitur yang tersedia di sana. Namun tidak mudah untuk mengelola uang yang ada di akun rekening tersebut. Kamu harus disiplin dan mematuhi budget plan yang memang sudah dibuat. Hindari berbagai jenis transaksi yang tidak masuk ke rencana anggaran demi kebaikan diri sendiri.

⦁ Hindari Pemakaian Impulsif
Berbagai jenis transaksi yang sifatnya impulsif harus dihindari sebisa mungkin. Impulsif artinya tindakan yang tidak dipikirkan secara matang dan hanya berdasarkan nafsu semata. Kemudahan transaksi online membuat siapa saja mudah berperilaku impulsif. Sebenarnya sifat impulsif ini merupakan salah satu tantangan besar bagi anak muda.

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, kemudahan akses e-commerce, kemudahan transaksi, juga pengaruh media sosial yang begitu besar. Sangat mudah bagi anak muda untuk berperilaku impulsif sampai tidak sadar sudah melebihi batas hingga menyusahkan diri dan orang lain.
Berbelanja, mendanai hobi dan juga mengikuti lifestyle yang kekinian memang menjadi hal penting di masa ini. Kamu juga harus mempertimbangkan masa depan agar nantinya tidak kesulitan mengenai masalah keuangan. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan kamu bisa mengatur keuanganmu menggunakan tabungan online dari PermataBank.

Baca juga
Terhitung Kecil, Rasio Kredit Perbankan terhadap PDB Capai 35 Persen

⦁ Pakai Fitur yang Dibutuhkan
Rekening tabungan kini semakin mudah untuk diakses secara online melalui aplikasi mobile banking. Aplikasi ini biasanya menyediakan banyak pilihan fitur canggih yang akan memenuhi kebutuhan perbankan penggunanya. Sebaiknya kamu pelajari dulu secara cermat fitur apa saja yang tersedia dan aktifkan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Ingat, tidak semua fitur perbankan online kamu butuhkan. Jika kamu membatasi fitur-fitur yang bisa diakses secara online tadi, maka kebutuhan transaksimu juga bisa lebih terkendali. Langkah ini akan membantu kamu untuk melakukan transaksi yang memang penting dan sesuai dengan budget plan.

⦁ Lakukan Cek Mutasi Berkala
Zaman sekarang ini cek mutasi rekening sudah semakin mudah untuk dilakukan. Aplikasi mobile banking memungkinkan kamu untuk memeriksa mutasi transaksi secara berkala. Hal ini akan sangat menguntungkan bagimu karena bisa mengontrol penggunaan uang secara ketat dan lebih disiplin. Dengan memeriksa mutasi rekening, kamu bisa melakukan evaluasi apakah memang aktivitas transaksimu sudah sesuai kebutuhan atau belum.
Cek mutasi secara berkala ini menjadi salah satu langkah bijak untuk mengatur keuangan secara efektif. Kamu bisa menelusuri ke mana saja uang yang sudah kamu keluarkan. Jika kamu terbiasa membuat catatan pembukuan bulanan untuk keperluan pribadi, maka mutasi rekening ini akan menjadi data yang sangat bermanfaat untuk digunakan.

⦁ Manfaatkan Berbagai Jenis Promo
Setelah kamu buka rekening online dan menggunakan fasilitas mobile banking, maka kamu bisa mendapatkan banyak penawaran promo. Apalagi jika kamu memilih fasilitas bank yang tepat. Pasti ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan dan hal ini bisa jadi sebuah keuntungan atau justru menjerumuskanmu untuk menjadi lebih boros.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dari promo-promo tersebut, maka manfaatkanlah secara optimal sesuai kebutuhanmu. Gunakan promo sesuai dengan jenis transaksi yang memang seharusnya kamu lakukan. Misalnya, kamu harus membeli token listrik untuk kebutuhan utama bulanan. Jika ada penawaran promo pembelian token listrik lewat akun rekening yang kamu miliki, maka manfaatkanlah!
Promo-promo ini juga bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sekunder dan tersier. Misalnya, kamu ingin pergi nonton film dan sudah ada alokasi budgetnya setelah kebutuhan utama terpenuhi. Maka carilah penawaran promo yang ditawarkan oleh produk tabunganmu agar tiket nonton filmnya jadi lebih murah.

Baca juga
Daftar Bank yang Raih Penghargaan Indonesia Top 40 Bank Awards 2021

Jika kamu pandai menggunakannya, maka promo tersebut akan memberi manfaat yang besar. Pilihlah produk rekening tabungan yang menawarkan banyak promo menarik sesuai kebutuhanmu. Uang yang berhasil kamu hemat berkat promo-promo tersebut nantinya bisa dialihkan sebagai dana darurat.

⦁ Gunakan Transaksi Digital
Sangat disarankan untuk memakai fasilitas transaksi digital apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Jika kamu merupakan pengguna produk tabungan di suatu bank dan bank tersebut menawarkan layanan mobile banking maka pakailah layanan tersebut. Akan jauh lebih mudah untuk melakukan transaksi secara digital.

Jangan ragu untuk buka rekening online sekarang juga dan gunakan layanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi secara online. Metode transaksi seperti ini bisa membantu kamu lebih hemat dan mempermudah proses pencatatan riwayat transaksi. Jika ingin tahu riwayat transaksinya, kamu tinggal cek mutasi rekening.

⦁ Lakukan Investasi
Anak muda juga harus melek investasi sejak dini demi masa tua yang nyaman dan mapan. Fasilitas perbankan yang semakin canggih ini harus kamu manfaatkan untuk berinvestasi. Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa kamu andalkan sesuai profil risiko. Salah satunya adalah reksadana yang terdiri dari beberapa jenis produk dan tingkat risiko.

⦁ Terapkan Pemisahan Tabungan
Cobalah untuk menerapkan metode pemisahan tabungan. Cara ini terbukti sangat efektif untuk mengelola keuangan, khususnya bagi anak muda yang sering kesulitan untuk menabung. Pemisahan tabungan ini dilakukan agar kamu punya rekening khusus untuk transaksi dan khusus untuk dana darurat atau dana tabungan.

Sekarang ini produk tabungan yang ditawarkan oleh bank sangat beragam jenisnya. Jika kamu sudah memiliki satu akun rekening, maka buatlah akun yang lain. Proses buka rekening online juga sudah semakin praktis sehingga kamu tak akan kesulitan untuk mendapatkan akun rekening yang baru. Ditambah lagi sekarang sudah ada layanan mobile banking yang memungkinkan kamu memantau lebih dari satu akun rekening.

Setelah memiliki akun rekening yang berbeda, kamu bisa mengalokasikan dana yang berbeda pula. Jadi untuk akun khusus tabungan, kamu bisa menentukan jumlah tertentu yang harus disetorkan. Jumlah uang ini diambil dari gaji utamamu dan langsung disetorkan ke akun khusus tabungan tadi. Dengan begitu pengelolaan keuanganmu akan berlangsung lebih efektif dan efisien.

Sebelum buka rekening online, kamu sebaiknya melihat fitur-fitur yang disediakan oleh produk tabungan pilihanmu tersebut. Akan jauh lebih baik jika di dalamnya dihadirkan kemudahan investasi. Jika produk tabungan ini menyediakan kemudahan investasi, maka kamu pasti akan merasa lebih bersemangat untuk mulai berinvestasi sesuai dengan profil risikomu.

Baca juga
Ekonom: Ada Pejabat Sebut Utang RI Masih Aman, Itu Pembodohan Publik

Pilih PermataME untuk Mendukung Kebutuhan Keuanganmu
Saat ini telah hadir produk tabungan kekinian yang sangat cocok untuk anak muda. Produk tabungan tersebut adalah persembahan dari PermataBank dan dikenal dengan nama PermataME. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh PermataME:

⦁ Pembukaan Rekening Mudah
Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh produk tabungan ini adakah mudah sekali untuk dimiliki. Proses pembuatan rekening sangat mudah dan cepat. Kamu bisa buka rekening online melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.

⦁ Banyak Penawaran Cashback
Melalui produk tabungan PermataME, kamu bisa menikmati banyak jenis penawaran cashback. Ada cashback senilai 10% setiap kali kamu melakukan transaksi transportasi online. Kemudian ada cashback 20% jika kamu belanja online dan cashback 30% bagi nasabah yang melakukan transaksi kopi serta nonton film di bioskop.

⦁ Tarik Tunai Bebas Biaya
Sebagai nasabah dari PermataME kamu akan menikmati fasilitas gratis tarik tunai di berbagai gerai ATM. Bahkan fasilitas ini bisa kamu nikmati di ATM dalam maupun luar negeri yang memiliki logo VISA/PLUS. Syaratnya, saldo minimal Rp1 juta sebelum kamu melakukan transaksi.

⦁ Kartu Debit Eksklusif
Setelah melakukan proses buka rekening online, kamu juga akan menerima kartu debit PermataME yang dibuat secara eksklusif. Kartu debit ini didesain khusus untuk nasabah PermataME dan tentu saja ada banyak keunggulan fitur yang bisa kamu nikmati.

⦁ Ada Program Promo Eksklusif
Pengguna rekening tabungan PermataME juga bisa menikmati berbagai jenis program promo eksklusif. Promo ini diberikan kepada pengguna kartu debit PermataME di beberapa merchant atau untuk jenis transaksi tertentu.

⦁ Gratis Transfer Online
Kelebihan lainnya dari produk tabungan PermataME adalah menghadirkan fasilitas transfer online bebas biaya. Kamu bisa transfer online secara gratis melalui beberapa platform seperti PermataMobile X dan PermataNet.
Ada banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati setelah buka rekening online PermataME. Produk tabungan ini menawarkan banyak fitur menarik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup anak muda masa kini. Banyak promo menarik yang bisa kamu nikmati dan proses transaksi online jadi jauh lebih mudah untuk dijangkau. Tunggu apa lagi? Yuk daftar sekarang juga!

Tinggalkan Komentar