Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Bukan karena Anies, SK Pencopotan Sekretaris Gerindra Sumut Terbit Sejak Oktober

Jumat, 25 Nov 2022 - 15:04 WIB
gerindra sumut - inilah.com
Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022). (Foto: Inilah.com/Diana Rizky)

Beredar kabar mengenai pencopotan Sekretaris Gerindra Sumatra Utara (Sumut) Aulia Rachman dari jabatannya, usai bertemu dan berfoto dengan capres Anies Baswedan, di sela-sela jadwal kunjungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan bahwa memang Partai Gerindra sempat memanggil Aulia terkait pertemuannya yang viral bersama Anies. “Ya kita minta klarifikasi itu kan karena viral, karena juga kemudian dari para pengurus menanyakan. Ya kan kita minta klarifikasi saja, kenapa, bagaimana, kan begitu,” jelasnya.

Kendati begitu, Dasco menolak jika keputusan melakukan pencopotan disebut karena pertemuan viral itu. Dia menegaskan, segala keputusan partai terkait revitalisasi kepengurusan memiliki parameter dan tolok ukur yang jelas.

Baca juga
Cantiknya Mutiara Annisa, Putri Anies Baswedan yang Gelar Akad Nikah Hari Ini

“Ya kemudian kalo dikait-kaitkan dengan hal lain, saya rasa tidak demikian ya. Karena kita juga dalam revitalisasi, juga mempunyai parameter dan tolok ukur yang jelas,” tegas Dasco saat ditemui di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (25/11/2022).

Dia minta hal ini tidak dibesar-besarkan, sebab revitalisasi kepengurusan adalah hal yang biasa saja. Dasco membeberkan, surat keputusan terkait pencopotan ini sudah terbit sejak Oktober lalu, tepatnya pada periode tanggal 15-30 Oktober 2022.

Dasco juga menerangkan bahwa revitalisasi kepengurusan di Partai Gerindra tidak terjadi hanya di Sumut, melainkan juga di daerah lain. Nantinya Gerindra juga akan melakukan pelantikan bersama terkait Ketua DPD baru.

Baca juga
Foto: Pemprov DKI Targetkan Kampung Gembira Rampung September 2022

“Iya (pencopotan hanya bersifat revitalisasi). Iya ini kan revitalisasi tak hanya cuma Sumut loh. Saya juga bingung kenapa yang diangkat Sumut. Karena bulan Januari kita ada rencana pelantikan bersama, ada sekitar tujuh ketua DPD yang baru diberikan amanah untuk menjadi panglima di daerah masing-masing,” kata Dasco.

Sebelumnya beredar foto yang diunggah pada laman media sosial Anies dan menampilkan momen saat Aulia bertemu dengan Anies. Pertemuan ini terjadi saat Anies bersafari politik ke Kota Medan dan bertemu para relawannya.

Akibat pertemuan Aulia dengan Anies, Majelis Kehormatan Gerindra akhirnya memanggil Aulia, bersama Gus Irawan, dan Ihwan Ritonga pada Kamis (10/11/2022). Diketahui hingga saat ini berdasarkan rapat pimpinan nasional (rapimnas), Partai Gerindra masih bersikukuh agar Ketua Umum (Ketum) Prabowo Subianto diusung sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Tinggalkan Komentar