Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Bukan Shin Tae-yong, PSSI Sebut Iwan Bule Tokoh Utama Kemenangan Timnas atas Kuwait

Kamis, 09 Jun 2022 - 16:22 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan (Foto Skor)
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan (Foto Skor)

PSSI mengungkapkan bahwa kunci kemenangan tim nasional Indonesia atas Kuwait pada partai pembuka Kualifikasi Piala Asia 2023 adalah Mochamad Iriawan, atau yang lebih akrab disapa Iwan Bule.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan ini merupakan sejarah yakni pecahnya rekor 42 tahun Indonesia tak pernah menang atas Kuwait.

Sebelumnya, Timnas Indonesia dan Kuwait cuma pernah bertemu sebanyak enam kali. Dari enam pertemuan itu, Timnas Indonesia cuma pernah menang sekali 2-1 yang terjadi di ajang Turnamen Merdeka pada 19 Oktober 1980.

Baca juga
Sudah Waktunya Indonesia Mematahkan Kutukan Final di Piala AFF 2020

PSSI dalam tulisan pada laman resminya, menyebut bahwa kemenangan merupakan jelas andil dari Iriawan selaku Ketua Umum PSSI. Kemenangan itu tak terjadi begitu saja, melainkan karena kebijakan-kebijakan strategis yang Iriawan ambil sebagai ketum PSSI.

“Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang,” tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul ‘Pecahnya Rekor 42 Tahun’ di situs resminya.

Terobosan era Iwan Bule

“Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara. Yakni final SEA-Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA-Games 2022,” lanjut tulisan itu.

Baca juga
Pembukaan BRI Liga 1 Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Gagasan penting yang PSSI era Iriawan juga turut menjadi pembahasan tulisan tersebut. Yakni mengantisipasi masalah suap, pengaturan skor dan kejahatan lain dalam sepakbola dengan bekerja sama dengan Mabes Polri.

Selain itu, PSSI era Iriawan juga disebut memecahkan masalah Training Centre yang selama ini menjadi kendala. Semua itu klaimnya demi kemajuan sepakbola Indonesia.

“Untuk mengantisipasi persoalan klise: tempat Training Center, lapangan latihan, Camp Latihan, dsb, terkait kepentingan timnas, pada 18 Agustus 2021 Iwan Bule membuat MoU dengan 7 Perguruan Tinggi di Indonesia,” tulis PSSI.

“Karena bicara soal sepakbola nasional, artinya kita sedang berbicara mengenai denyut nadi rakyat Indonesia. Dan Iwan Bule sangat memahami hal itu.” Tutup tulisan tersebut.

Tinggalkan Komentar