Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Bulan Ramadan, Inilah Cara Sedekah Lewat Layanan Digital

Rabu, 20 Apr 2022 - 09:56 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Donasi online (Foto istock)- inilah.com
Donasi online (Foto istock)

Sedekah merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.  Termasuk dalam rangkaian ibadah, ternyata ini memiliki ragam keutamaan.

Bulan Ramadan menjadi momen tepat untuk mengumpulkan pahala lewat ragam ibadah, tak terkecuali sedekah.

Kini, bersedekah pun sudah makin mudah karena bisa dilakukan secara digital lewat berbagai kanal sehingga dapat diamalkan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja.

“Sedekah digital kian diminati oleh masyarakat karena mudah, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja hingga sekecil Rp1.000. Berapa pun nominalnya, bersedekah bukanlah soal jumlah namun perubahan yang dapat diciptakan dari setiap aksi baiknya,” kata Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria, melalui keterangannya, Rabu (20/04/2022).

Berikut tiga cara sedekah digital yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan amalan di bulan suci ini.

Baca juga
Startup Berguguran, Jangan Mimpi 25 Unicorn di Era Jokowi

1.Ikut Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) 2022

Hardolnas merupakan inisiatif yang digelar oleh platform galang dana Kitabisa.

Lewat momentum yang berlangsung dari 18-29 April 2022 ini, masyarakat bisa melakukan donasi dengan GoPay ke tiga kampanye, yaitu Kado Ramadan bersama BAZNAS; Al Quran Untuk Para Santri di Pelosok Indonesia; dan bantuan Modal Usaha untuk Mitra UMKM.

Seperti tahun sebelumnya, setiap donasi yang masuk di Hardolnas 2022 akan dilipatgandakan nominalnya oleh GoPay. Donasi yang digandakan oleh GoPay mulai dari Rp5.000 hingga Rp500.000.

Untuk ikut berpartisipasi, Anda bisa mengunjungi situs hardolnas.kitabisa.com atau melalui aplikasi Kitabisa.

Pada Hardolnas 2021, Kitabisa dan GoPay mencatat bahwa lebih dari Rp1,4 miliar donasi berhasil terkumpul dari sekitar 29 ribu donatur yang berpartisipasi, dan donasi yang terkumpul telah disalurkan ke lebih dari 6 ribu penerima manfaat.

Baca juga
Mari Bantu Capai Target Pembangunan Pesantren Anak Pemulung

2.Buka GoGive Lewat Aplikasi Gojek

Sedekah makin mudah dalam genggaman karena Anda bisa cukup membuka fitur GoGive di aplikasi Gojek lalu berdonasi menggunakan GoPay.

Di dalamnya, Anda bisa mengakses berbagai kampanye penggalangan dana yang ingin kamu bantu dari berbagai kategori, seperti pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan GoGive untuk berbagai jenis sedekah, mulai dari sedekah Jumat hingga Zakat Fitrah.

3.Scan QRIS di Ratusan Masjid dan Lembaga Nonprofit

Saat ini, QRIS sudah bisa ditemukan di mana-mana termasuk di lebih dari 400 masjid dan lembaga nonprofit yang telah bermitra dengan GoPay.

Setiap nilai yang disedekahkan pun akan langsung masuk ke masing-masing rumah ibadah dan lembaga nonprofit yang dituju.

Baca juga
Hindari Penipuan Online dengan Cakap Literasi Digital

Donasi digital yang terintegrasi dengan dompet digital telah melahirkan tren micro-giving atau bersedekah dengan nominal kecil namun dengan frekuensi yang sering. Selama Ramadhan 2021, donasi digital menggunakan GoPay menembus angka Rp22 miliar.

Jumlah ini terkumpul dari berbagai kanal, seperti donasi lewat GoGive, platform galang dana, lembaga nonprofit, serta rumah ibadah yang bekerja sama dengan GoPay untuk mempermudah donasi.

Tinggalkan Komentar