Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Bulog Terus Lakukan Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Beras di Aceh

Sabtu, 24 Sep 2022 - 23:28 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Bulog Terus Lakukan Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Beras di Aceh
Beras Medium Bulog/ist

Perum Bulog wilayah Aceh terus melakukan operasi pasar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh sebanyak 17.500 ton beras dalam upaya menjaga stabilisasi harga.

Pemimpin Perum Bulog wilayah Aceh Irsan Nasution mengatakan kegiatan stabilitas harga pangan khususnya beras telah pihaknya laksanakan sejak awal tahun hingga minggu ke 3 September ini dengan total yang telah didistribusikan 17.500 ton.

“Kegiatan ini kita gelar demi menjaga harga beras di pasaran agar tidak terjadi lonjakan harga di pasaran,” katanya di Banda Aceh, Sabtu (24/9/2022).

Pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk memastikan opreasi pasar semakin masif agar tidak terjadi gelojak harga di tingkat konsumen.

Baca juga
Mendag Bakal Gelar Operasi Pasar di Cianjur Pasca-Gempa Magnitudo 5,6

“Masyarakat jangan khawatir, Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau pun di pasaran ada sedikit kenaikan harga,” katanya.

Pihaknya akan terus memantau terus situasi saat ini. Berdasarkan pantauan itu memang terjadi kenaikan harga beras akibat naiknya harga BBM dan faktor musim.

Dia mengatakan operasi pasar yang dilakukan sepanjang tahun oleh Bulog terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen.

Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahanan Pangan yang ditugaskan kepada Bulog yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas.

“Yang menjadi fokus kami saat ini adalah stabilitas harga beras di masyarakat, untuk itu kami akan upayakan semaksimal mungkin pelaksanaan program stabilisasi tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun kecuali kepentingan rakyat, terlebih di tengah situasi seperti sekarang,” kata Irsan.

Baca juga
Minyak Goreng Langka, Sekjen APPSI Endus Pembangkangan Perusahaan Besar

Pihaknya memastikan seluruh jaringan yang bekerja sama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara offline maupun online, juga outlet-outlet binaan Perum Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Aceh.

Bulog juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna menjaga harga beras di tingkat konsumen tetap stabil atau tidak mengalami lonjakan.

Tinggalkan Komentar