Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Bupati Pelalawan Sambangi Wamentan Minta Segera Bikin Perusda

Rabu, 01 Sep 2021 - 18:11 WIB
Penulis : Aris Danu
Bupati Pelalawan Sambangi Wamentan Minta Segera Bikin Perusda - inilah.com
ist

Bupati Pelalawan, Zukri Misran menyambangi Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi dikantor Kementerian Pertanian RI, Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Kedatangan Zukri yang didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Kehutanan ini dalam rangka membahas potensi sektor pertanian di wilayahnya. Turut hadir pula Anggota DPD-RI Dapil Riau, Edwin Pratama Putra.

“Kami telah berdiskusi dengan Pak Wamen, butuh supporting dari pemerintah, dari kementerian, baik untuk perkembangan pertanian sampai hilirisasi agar kemandirian di daerah itu benar-benar bisa diwujudkan, kemandirian di seluruh sektor,” kata Zukri usai bertemu dengan Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Baca juga
Pengelolaan Arsip Kembali Raih Penghargaan Kategori AA dari ANRI

Ia mengungkapkan, sektor yang potensial di Kabupaten Pelalawan saat ini meliputi perkebunan, perikanan, maupun food estate.

“Potensi di Pelalawan, kami punya potensi perkebunan yang luar biasa, kami punya potensi perikanan dan food estate di Pelalawan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wamentan Harvick menyampaikan agar Pemerintah Kabupaten Pelalawan segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau BUMD yang bergerak di bidang pertanian.

“Supaya hasil pertanian dari Kabupaten Pelalawan dapat menjadi ekspor unggulan,” ujar Bendahara PBNU ini.

Selain itu, Harvick juga menilai posisi daerah Pelalawan yang terletak di Provinsi Riau ini sangat strategis karena berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia. Sehingga sangat potensial untuk mengekspor produk hasil pertanian ke negara tetangga tersebut.

Baca juga
Pengelolaan Arsip Kembali Raih Penghargaan Kategori AA dari ANRI

“Alhamdulillah ada beberapa program yang berusaha kita sinergikan utamanya bagaimana membuat Kabupaten, Kota dan Provinsi se-Indonesia ini bisa menggeliat di tengah situasi Covid-19 ini, khususnya di sektor pangan. Mudah-mudahan kita kawal ke depan, InsyaAllah,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam setiap kunjungannya ke berbagai daerah, Harvick selalu mendorong Pemerintah Daerah untuk segera membentuk Perusda atau BUMD di bidang pertanian. Hal ini untuk mendukung sektor hilirisasi produk pertanian agar bisa mendapatkan nilai tambah.

Sebab, selain dapat mengolah produk pertanian hingga ke hilir, Perusda juga akan mampu menyerap tenaga kerja lokal terutama di masa sulit ini.

Tinggalkan Komentar