Rabu, 22 Maret 2023
30 Sya'aban 1444

Buruh-Petani Demo di Patung Kuda, Soroti Kenaikan BBM hingga Kedaulatan Pangan

Sabtu, 24 Sep 2022 - 14:23 WIB
Img 4286 - inilah.com
Massa Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu (24/9/2022). (Foto: Inilah.com/Dea Hardianingsih).

Massa gabungan Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia menggelar demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat (Jakpus) menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Selain menolak kenaikan harga BBM, massa juga menyoroti isu reforma agraria dan kedaulatan pangan.

Mereka berorasi di Jalan Medan Merdeka Barat lajur menuju Istana Negara.

“Bapak Soekarno bapak bangsa lahirkan UU Pokok Agraria, tanah untuk rakyat, tanah untuk petani. Mengapa petani digusur dari tanahnya sendiri? Kenapa petani dijauhkan dari napasnya, yaitu tanah untuk rakyat?” kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat berorasi di lokasi demo, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga
Monitoring Eks Napiter Lemah, Program Deradikalisasi BNPT Perlu Dievaluasi

Dia menjelaskan, penggusuran tanah dari para petani dilakukan demi perkebunan sawit dan pertambangan yang memuaskan keserakahan korporasi-korporasi.

“Bahkan, petani dihadap-hadapkan dengan aparat keamanan. Saya percaya, banyak aparat TNI-Polri lahir dari rahimnya bapak dan ibu petani,” tutur Said.

Jika Partai Buruh mendapatkan kursi parlemen pada Pemilu 2024, Said Iqbal berjanji akan menuntut fraksi agar kaum petani mendapatkan 9 juta hektar.

Tidak hanya isu kenaikan harga BBM dan agraria, massa aksi juga kembali menyuarakan penolakan atas Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

Sementara itu, pantauan Inilah.com, ruas Jalan Medan Merdeka Barat dari Istana Negara ke arah MH Thamrim tetap dibuka bagi kendaraan yang ingin melintas.

Baca juga
Cek Prokes, Kapolda Metro Sambangi Bundaran Bulungan Jakarta

 

Tinggalkan Komentar