Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Buruknya Lini Belakang Jadi Biang Kerok Kekalahan Memalukan Persib dari PSM

Selasa, 30 Agu 2022 - 06:07 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Pesepak Bola Psm Makassar Ramadhan Sananta (tengah) Berusaha Melewati Pesepak Bola Persib Bandung Pada Laga Bri Liga 1 Di Stadion Gelora Bj Habibie, Pare Pare, Sulawesi Selatan, Senin (20/8/2022) Malam - inilah.com
Foto: ist

Tim Persib Bandung babak belur ketika bertandang ke markas PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 pekan ke-7, Senin (29/8/2022). Buruknya lini belakang serta Absennya Nick Kuipers ditenggarai jadi penyebab hancurnya Maung Bandung.

Hal ini turut menjadi perhatian asisten pelatih Persib, Budiman usai menilik skor mencolok 5-1 bagi PSM jadi hasil akhir duel kedua kesebelasan.

Budiman yang kebetulan menggantikan arsitek anyar Luis Milla mengungkap, ada peran vital Nick Kuipers yang sontak hilang ketika Pangeran Biru berlaga di hadapan pendukung tim berjuluk Juku Eja.

“Memang dengan ga adanya Nick (Kuipers) di pertahanan kita agak kurang kuat, karena Nick adalah satu pemain yang betul-betul diandalkan untuk mengantisipasi bola-bola atas,” kata Budiman pasca laga.

Baca juga
Jelang Kontra Persita Tangerang, 8 Pemain Persib Dipastikan Absen

Selain itu kata Budiman, efek ‘tancap gas’ PSM di awal laga juga tak bisa dikesampingkan. Budiman menilai, gol cepat di menit ke-2 yang dilesatkan Yakob Sayuri tak pelak membenamkan mental anak asuhnya.

“Jadi, setelah gol menit kedua, anak-anak agak sulit mengembangkan permainan, lalu ada gol kedua, anak-anak makin down. Ini diluar perkiraan saya, ini evaluasi buat saya, hari ini anak-anak dengan gol cepat agak down,” tukasnya.

Sebelumnya, kubu Maung Bandung dipastikan tampil pincang tanpa Nick setelah dokter tim mengkonfirmasi jika sang pilar mengalami gangguan kesehatan. Muaranya, legiun asing itu harus diistirahatkan untuk sementara waktu.

Baca juga
Hasil Liga Champions: Chelsea Permalukan AC Milan 2-0 di San Siro

Pun begitu, Persib Bandung tampak tak ambil pusing. Si Biru yang mulai mendapat sentuhan tangan dingin Luis Milla memasang Rachmat Irianto sebagai opsi pengganti Nick di barisan pertahanan. Pemain Timnas Indonesia di AFF Cup 2020 itu diduetkan dengan bek senior Achmad Jufriyanto.

Sayang, duet Jupe-Irianto justru tak sesuai ekpektasi. Tanpa pengawalan berarti, Wiljan Pluim cs mampu memporak-porandakan barisan pertahanan Persib hingga lima gol bersarang ke gawang yang di kawal I Made Wirawan.

Persib juga membukukan statistik buruk malam
Itu. Di mana, 13 tembakan dengan 9 di antaranya tepat sasaran mampu dilepaskan Juku Eja selama 90 menit pertandingan berjalan.

Baca juga
Gol Conor Gallagher di Menit Akhir Bawa Chelsea Bekuk Palace 2-1

Lewat hasil minor yang diraih, Persib Bandung harus terjerembab ke peringkat 13 klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Marc Klok dkk hanya mengumpulkan 7 poin dari 7 pertandingan, dengan rincian 2 kemenangan, 1 seri dan 4 kekalahan.

Tinggalkan Komentar