Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Butuh Kemenangan di Laga Sisa, Timnas Indonesia U-23 Malah Pincang

Butuh Menang, Timnas Indonesia U-23 Malah Pincang
Butuh Menang, Timnas Indonesia U-23 Malah Pincang

Kemenangan 4-1 atas Timor Leste tak membuat posisi Timnas Indonesia U-23 beranjak dari papan klasemen Grup A.

Skuad Garuda Muda tetap terahan di posisi 4 klasemen setelah melakoni dua pertandingan. Fachruddin dan kawan-kawan mengoleksi 3 poin hasil sekali menang dan sekali kalah.

Puncak klasemen sementara jadi milik Myanmar (6 poin) yang di pertandingan sebelumnya sukses menjinakkan Filipina dengan skor 3-2.

Disusul Filipina (4 poin) di posisi kedua dan Vietnam (4) di tempat ketiga.

Sementara Timor Leste tetap di posisi buncit karena belum mendapat satu poin pun.

Dengan kondisi ini, anak asuh Shin Tae-yong wajib menang pada dua laga sisa. Egy Vikri dan kawan-kawan bakal melawan Filipina lebih dulu sebelum mengakhiri laga penyisihan kontra Myanmar.

Baca juga
SEA Games 2021: Raih 69 Emas, Indonesia Bertengger di Posisi 3

“Pemain harus memikirkan kemenangan. Kami tak terlalu mementingkan selisih gol,” ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Di SEA Games 2021, jika ada dua tim yang memiliki poin serupa, maka posisi ditentukan selisih gol. Andai masih identik, maka agresivitas atau jumlah memasukkan gol akan menjadi acuan.

Menurut Shin, yang terpenting saat ini adalah merebut tiga poin terlebih dahulu. Akan tetapi, dia pun mengingatkan bahwa hasil positif hanya bisa diraih jika skuadnya memperbaiki performa.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut masih belum puas dengan penampilan anak-anak asuhnya saat kalah 0-3 dari Vietnam, Jumat (6/5/2022) dan ketika menundukkan Timor Leste 4-1 pada laga Selasa malam.

Baca juga
Kemenpora Ingatkan Atlet Tak Boleh Berangkat Mandiri ke SEA Games

“Kami harus bekerja keras meningkatkan performa. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk dua laga itu,” tutur Shin.

Tuga Shin semakin berat lantaran salah satu pemain bintang timnas, Saddil Ramdani bakal absen di laga kontra Filipina.

Sementara bek tangguh Elkan Baggot, belum juga ada kejelasan kapan bergabung.

“Saddil akan berangkat ke Malaysia dan kembali ke SEA Games setelah jadwalnya di sana selesai. Untuk Elkan, saya belum bisa memastikan kapan dia sampai di Vietnam,” kata Shin.

Jika Saddil dan Elkan tak ada di tim, maka Indonesia hanya akan diperkuat 18 pemain saat melawan Filipina.

Tinggalkan Komentar