Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Camping ala Presiden Jokowi Cek

Selasa, 15 Mar 2022 - 15:33 WIB
Camping ala Presiden Jokowi Cek
Camping ala Presiden Jokowi Cek (@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana serta sejumlah menteri camping di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Presiden bersama rombongan mulai menempati tenda setelah acara penyatuan tanah dan air dari seluruh nusantara yang dibawa 34 Gubernur di Indonesia.

Bersama rombongan, presiden langsung ‘nyantai’ di depan tenda dengan duduk menggunakan kursi lipat. Dibawah kursi, buah kelapa hijau berlubang dengan sedotan menemani ngobrol santai presiden dengan sejumlah menteri.

Meski judulnya camping, fasilitas untuk presiden dan menteri beda dengan camping biasa. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sempat memamerkan fasilitas tenda di lokasi IKN melalui akun Instagram pribadinya.”Ini tempat tidur saya di glamping (glamor camping). Ini kamar saya. Ternyata ada listrik. Ini glamping jaman hebat nih,” kata Suharso.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suharso Monoarfa (@suharsomonoarfa)

Sementara fasilitas yang ada di tenda presiden, Kasetpres Heru Budi Hartono pernah mengulasnya.”Makanan biasa saja, kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Mie Instan,” kata Heru dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Setpres, Minggu (13/3/2022).

Baca juga
Bambang Susantono Diberitahu jadi Kepala IKN Sejak 2 Pekan Lalu

Heru mengatakan tenda Jokowi sendiri tidak dilengkapi dengan alat pendingin. “Menginap di tenda. Isi tenda hanya kasus saja. Enggak ada (AC),” jelasnya.

Namun, Presiden Jokowi memiliki toilet sendiri selama berkemah di IKN. Heru menjelaskan kamar mandi yang akan digunakan Jokowi akan menggunakan shower.

“Kalau gayung boros. Shower bisa hemat karena air terbatas. Kalau 5 gayung itu shower udah cukup itu mandi tapi kalau gayung bisa satu ember satu orang. Kira-kira gitu,” ungkapnya.

Di lokasi kemah hanya terdapat 6 kamar mandi untuk 30 orang. Namun, Jokowi mendapatkan kamar mandi khusus yang lokasinya juga terpisah dari kamar mandi lainnya.

Baca juga
Soal Jokowi Tiga Periode, Pembiaran yang Anti-Etika 

“Hanya beda 3-6 meter saja. Tempat terpisah,” kata Heru.

Saat malam, foto Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri jadi sorotan. Presiden Jokowi tampak nyaman sarungan dan jaket merah, tapi tetap menggunakan sepatu.

Selain Ibu Negara Iriana, Jokowi juga akan didampingi oleh sejumlah menteri, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Mereka akan bersama-sama bermalam di hutan bersama Jokowi.

Adapun deretan menteri yang akan menemani Jokowi adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahaladia, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, ada pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Kepala dan Wakil Kepala IKN Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Tinggalkan Komentar