Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

CAMS, Inovasi Teknologi Terbaru Panasonic untuk Solusi Udara Berkualitas

Kamis, 22 Sep 2022 - 03:25 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Cams
Foto: inilah.com

Panasonic Gobel Indonesia meluncurkan inovasi Complete Air Management System (CAMS) yang merupakan teknologi hybrid-link unik yang menyinkronkan pendingin udara (AC) dan operasi ventilasi dalam ajang Indonesia HVACR & Energy Efficiency Expo 2022, Rabu (21/9/2022) di Jakarta.

Panasonic terus mengadopsi teknologi inovatif untuk memberikan kenyamanan sistem pendinginan, udara di dalam ruangan yang lebih bersih, dan solusi hemat energi melalui tiga teknologi utama: yakni pemurnian udara, ventilasi, dan AC.

Inovasi terbaru Panasonic yaitu sistem yang menggunakan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan sensor bawaan untuk memantau tingkat kualitas udara seperti PM2.5, CO2, suhu dalam ruangan, dan tingkat kelembapan. Dengan menggunakan IAQ Remote Controller, konsumen kini dapat memvisualisasikan tingkat udara sehat yang mereka hirup dan mengontrol air management dari jarak jauh di mana pun dan kapan pun hanya dengan menggunakan aplikasi Comfort Cloud dari gadget konsumen.

Marketing Director PT Panasonic Gobel Indonesia Yuki Honda mengatakan, dengan CAMS, kualitas udara di dalam ruangan dapat dikontrol secara terus menerus menjadikan lingkungan dalam ruangan bersih, sehat, dan nyaman.

Baca juga
Panasonic Beri Promo dan Cashback untuk Manjakan Pelanggan

“Hal tersebut dapat menjadi solusi untuk perubahan gaya hidup masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di dalam rumah dengan jaminan udara bersih dan sehat,“ katanya.

Whatsapp Image 2022 09 22 At 06.27.40 - inilah.com

Meskipun tidak dapat dilihat, udara di rumah dan ruangan lainnya dapat dengan mudah ikut tercemar. Pencemaran udara di dalam ruangan berasal dari berbagai sumber seperti, polutan dari luar dapat dengan mudah memasuki ruangan tanpa disadari, dan senyawa kimia yang berasal dari bahan bangunan dan furnitur di dalam ruangan.

Ditambah, konsentrasi CO2 meningkat ketika orang bernapas, sementara tingkat kelembapan meningkat saat keringat menguap. Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat berdampak buruk juga pada kualitas tidur dan kesehatan.

Saat kita menghabiskan waktu di dalam ruangan seperti tempat kerja, rumah, dan di dalam gedung, tentu saja menjadi lebih penting untuk memastikan udara dalam ruangan berventilasi baik dengan asupan udara segar untuk menghindari akumulasi udara apek.

Baca juga
Solusi Panasonic untuk Perbaikan Kualitas Udara Pascapandemi COVID-19

Tiga elemen kunci untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan yaitu:
1. Kontrol kelembapan dan suhu dalam ruangan (indoor) untuk kenyamanan yang lebih baik.
2. Membawa udara segar yang disaring dari luar ruangan (outdoor) dan udara dalam ruangan (indoor) yang terkontaminasi asap kendaraan.
3. Menghambat alergen, jamur, bakteri dan virus dan menghilangkan bau dan partikel berbahaya untuk memberikan lingkungan yang bersih dan sehat di dalam ruangan.

Complete Air Management System (CAMS) bekerja dengan menjaga kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih sehat? Pertama adalah mengontrol suhu yakni mempertahankan suhu yang disetel dengan meminimalkan beban operasi pada AC. Kedua, mengontrol kelembapan relatif pada tingkat optimal antara 40%-60%. Ketiga, mempertahankan CO2 di bawah level 1.000 ppm pada tingkat yang sehat, dan keempat mempertahankan PM2.5 di bawah 75μg/㎥.

Baca juga
Panasonic Camcorder HC-X2 dan HC-X20 Sasar Profesional Videografi Berita

Promotion Office Managing Director Panasonic, Ichiro Suganuma mengatakan, CAMS adalah tonggak penting dalam pendekatan Panasonic menghadirkan udara segar di dalam ruangan menggunakan algoritme otomatis penuh. Caranya dengan mengontrol otomatis dan memantau lingkungan dalam ruangan menggunakan sensor dan visualisasi kualitas dalam ruangan menggunakan IAQ Remote Controller.

“Sistem ini berbasis cloud sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses remote access control dari mana saja, kapan saja melalui aplikasi Comfort Cloud di perangkat smartphone mereka,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar