Selasa, 05 Juli 2022
06 Dzul Hijjah 1443

Capres NasDem Bukan dari Internal, Waketum: Jangan Pikir Partai untuk Kader

Jumat, 17 Jun 2022 - 20:12 WIB
Screenshot 20220617 172935 - inilah.com
Ketum NasDem Surya Paloh bakal menerima tiga nama capres usulan 34 DPW. NasDem tidak menutup diri mengusung capres dari luar parpol. Foto: Antara

Partai NasDem dipastikan tidak mengusung sosok internal maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Tiga nama yang dominan diusulkan menjadi capres dalam Rakernas NasDem merupakan figur luar, dan Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi sosok yang mendapat dukungan tertinggi.

Waketum Nasdem Ahmad Ali menyebutkan, Surya Paloh selaku ketum sudah mengetahui kondisi itu. Hal ini dianggap bukan masalah karena NasDem terbuka mengusung sosok lain dan tidak membatasi diri untuk mengusung kalangan internal maju dalam kontestasi nasional.

“Jadi salah kalau kemudian berpikir bahwa partai dibangun untuk kepentingan kadernya. Enggak boleh itu,” kata Ali, pada sela-sela kegiatan Rakernas NasDem, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (17/6/2022).

Baca juga
Santuni Anak Yatim Saat Ramadan, Airlangga Didoakan Jadi Presiden

Kondisi ini, kata Ali, membedakan NasDem dengan parpol lain yang memprioritaskan ketum untuk diusung sebagai capres. NasDem memilih membuka kesempatan bagi anak negeri baik dari kalangan aktivis, akademisi maupun pejabat yang tidak berpartai namun punya kapasitas untuk diusung pada pilpres.

“Kalau parpol lain selalu kedepankan ketumnya capres, Surya Paloh mengedepankan anak negeri jadi capres,” tuturnya.

Sekalipun begitu, NasDem juga memiliki target untuk mengusung kader maju pada pilpres. Ali menyebutkan, Pemilu 2029 merupakan momentum bagi NasDem untuk mengusung figur internal.

“Nanti kami di 2029 akan mencalonkan kader internal,” kata Ali.

Rakernas NasDem bakal menyetor tiga nama kandidat capres usulan DPW yang sudah diterima DPP, kepada Surya Paloh. Tiga nama tersebut yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Baca juga
Jakarta: Simpang Temu Umat Beragama

“Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Tinggalkan Komentar