Cara Memeriksa Masalah dan Meningkatkan Performa PC

Cara Memeriksa Masalah dan Meningkatkan Performa PC - inilah.com
(ilustrasi: internet)

Pertanyaan:  Setelah setahun dipakai kenapa Komputer saya kerap lemot, apakah ada yang salah lalu bagaimana mengatasinya?

Yagami, (18 tahun)

Jawaban:

Sebenarnya work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bukan merupakan hal yang baru lagi. Sudah banyak generasi milenial yang memilih untuk menjadi freelance atau remote worker yang memiliki sistem kerja sama dengan WFH, bisa dilakukan secara online.

Namun karena pandemi COVID-19, sistem kerja dari rumah ini makin digemari saja. Hal tersebut sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi aktivitas luar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Bekerja dari rumah memang menyenangkan, namun belum tentu tanpa tantangan. Maka dari itulah supaya tetap produktif bekerja dari rumah, Kita perlu memaksilkam perangkat PC  atau laptop untuk menggunakannya untuk bekerja, belajar, menonton film, bermain gim, membaca buku digital, dan sebagainya. Kerap, performa komputer menjadi lambat.

Baca juga  Kenali Gangguan Makan yang Kerap Dialami Seseorang

Performa komputer yang lambat biasanya menjadi sinyal bahwa ada yang kurang beres pada komputermu atau caramu menggunakannya. Apabila ini terjadi, cek beberapa kemungkinan penyebabnya berikut INILAHCOM sajikan informasi untuk mengatasinya.

1. Adanya malware

Spyware atau malware merupakan penyebab paling umum terkait performa komputer lambat. Malware adalah perangkat lunak yang didesain dengan sengaja untuk menyebabkan kerusakan pada komputer atau mendapatkan akses untuk menyusup ke jaringan komputer tanpa diketahui. Ada begitu banyak malware di luar sana dan kamu bisa saja tidak sengaja memasukkannya ke komputermu ketika sedang mengunduh aplikasi atau beraktivitas daring.

Baca juga  Jaga Kesehatan Tulang dan Sendi dengan Yoga

2. Koneksi internet melambat

Mungkin kamu biasa bekerja di kantor dengan komputer kantor atau belajar luring di kelas. Komputermu di rumah cuma kamu gunakan sekali-sekali. Namun, pandemi membuat kita mesti melakukan banyak hal dari rumah, termasuk bekerja dan belajar.

Penggunaan internet yang jauh lebih tinggi ketimbang sebelumnya jadi tak terhindarkan. Di sisi lain, tetangga atau orang-orang di sekitar kita juga memerlukan koneksi internet tersebut. Hal ini dapat membuat koneksi broadband menjadi lebih lambat, yang berdampak pada kerja komputer.

3. Terlalu banyak unduhan

Memiliki aplikasi di komputer bisa memudahkanmu melakukan banyak hal. Namun, kalau kamu mengunduh terlalu banyak, ini juga bisa merepotkanmu. Terlalu banyak aplikasi bisa memakan kapasitas dan menyebabkan performa komputer lambat.

Baca juga  Faktor Kesehatan Mata Semakin Jadi Pertimbangan Saat Membeli Laptop

4. Terlalu sering melakukan konferensi video

Konferensi video menjadi vital selama pandemi ini, mulai dari untuk rapat kantor, kelas daring, hingga bersapa dengan kawan. Namun, aplikasi lunak untuk konferensi video kerap menyedot bandwith internet yang besar.

5. Banyak cache menumpuk

Ketika kamu membuka situs-situs web, komputermu mengakumulasi cookies untuk membantu situs tersebut mengingatmu dan melacak aktivitasmu. File digital ini dapat melekat pada sistem komputer dan memperlambat performanya. Cobalah sesekali memeriksa kembali setelan privasimu untuk menentukan mana yang benar-benar penting, lalu menghapus cache yang tidak lagi kamu perlukan.

 

Tinggalkan Komentar