Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Catat Ini, Menko Luhut Janjikan Harga Migor tak Naik Lagi

Senin, 06 Jun 2022 - 09:04 WIB
Catat Ini, Menko Luhut Janjikan Harga Migor tak Naik Lagi
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Baru saja dipercaya Presiden Jokowi urus minyak goreng (migor) curah, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan sudah sesumbar. Bahwa tidak akan terjadi kenaikan harga migor.

Dia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terkait harga migor curah. Dia memastikan harga minyak goreng tersebut tidak akan naik lagi.

“Pemerintah mengimbau masyarakat tidak perlu panik atau galau atau khawatir harga minyak goreng akan kembali meningkat. Ini kami pastikan tidak akan terjadi,” kata Menko Luhut saat konferensi pers secara virtual, Minggu (5/6/2022).

Menko Luhut mengungkapkan hal itu karena pemerintah telah mengubah kebijakan minyak goreng curah yang sebelumnya dari subsidi menjadi Domestic Market Obligation (DMO). Ia menjelaskan kebijakan tersebut untuk menjaga pasokan atau ketersediaan minyak goreng di dalam negeri.

Baca juga
Ekspor CPO Dibuka, Stok Migor Curah Hanya Cukup 15 Hari

Sehingga harga minyak goreng tidak naik lagi. Apalagi setelah larangan ekspor CPO dan bahan baku untuk minyak goreng sudah dicabut.

“Jumlah peralihan DMO dalam tahap ini yang ditetapkan pemerintah sejak 1 Juni adalah 300 ribu ton minyak goreng per bulan. Jumlah ini lebih tinggi 30 persen dibandingkan kebutuhan domestik kita,” ujar Menko Luhut.

Selain itu, kata Menko Luhut, pemerintah juga menyalurkan minyak goreng curah dengan harga sesuai HET ke berbagai wilayah di Indonesia seperti melalui program migor curah rakyat.

Ia mengatakan untuk biaya pengangkutan ke pulau terluar akan ada biaya kompensasi yang disiapkan pemerintah. “Melalui mekanisme ini melalui program minyak goreng curah bisa terjangkau di seluruh Indonesia, di pelosok Tanah Air,” tutur Menko Luhut. [ikh]

Baca juga
Dugaan Adanya Kartel, KPPU Bawa Masalah Migor ke Ranah Hukum

 

Tinggalkan Komentar