Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

CCTV, Alkes, hingga Seragam TNI-Polri ternyata Impor, Jokowi: Dipikir Kita Bukan Negara Maju?

jokowi impor
Presiden Joko Widodo saat acara Afirmasi Bangga Buatan Produk (foto Youtube)

Presiden Joko Widodo mengaku kesal setelah mengetahui ternyata sejumlah kementerian dan lembaganya kerap belanja impor untuk memenuhi kebutuhannya.

Pasalnya, barang-barang yang diimpor sejatinya dapat diproduksi di dalam negeri, sehingga tidak perlu impor. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Afirmasi Bangga Buatan Produk Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

“Apa-apaan ini? Dipikir kita bukan negara yang maju?” ucapnya.

Beberapa instansi yang disinggung mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pertanian (Kementan), TNI dan Polri.

“Coba CCTV beli impor, di dalam negeri ada yang bisa produksi,” katanya.

Begitu juga dengan pengadaan seragam aparat TNI-Polri yang ternyata juga barang impor. “Seragam dan sepatu tentara dan polisi beli dari luar. kita ini produksi di mana-mana bisa,” kesalnya.

Baca juga
Kejagung Ganjar 3 Bos Perusahaan Sawit Sebagai Tersangka Kasus Ekspor Migor

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyinggung soal alat kesehatan (alkes) impor. Seperti halnya tempat tidur untuk rumah sakit serta alkes lainnya yang justru banyak diproduksi di wilayah Yogyakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Ia juga geram dengan barang impor alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementan seperti traktor yang dinilainya bukan kualitas tinggi.

“Traktor kayak gitu bukan hitech aja impor. Jengkel saya,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar