Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

CCTV Tersambar Petir, Bisakah Mengembalikan Rekaman yang Sudah Hilang?

Kamis, 21 Jul 2022 - 13:37 WIB
CCTV Tersambar Petir
(Foto inilah.com)

Jika sedang membutuhkan rekaman video kamera pengawas (CCTV) yang sangat penting namun ternyata file tersebut terhapus atau rusak akibat cuaca buruk seperti tersambar petir, pasti hal ini akan terasa sangat menyebalkan. Berbagai usaha dilakukan, termasuk mencari informasi tentang cara mudah mengembalikan data yang hilang. Lalu mungkinkah data tersebut kembali dan kita bisa melihatnya?

Menurut Produk Marketing i-PRO Indonesia, Idi Putranto, rekaman dari CCTV yang hilang akibat kerusakan yang tak terduga sangat memungkinkan untuk dikembalikan. Menurutnya karena dari CCTV yang banyak beredar di Indonesia sudah mengusung media penyimpanan di hard disk atau diksa keras yang cukup canggih.

“Karena recovery (pemulihan) menyangkut juga masalah kualitas hard disk di dalamnya adalah kuncinya,” ungkap Idi kepada Inilah.com, saat ditemui di sela-sela Acara peluncuran produk CCTV terbaru i-PRO di Jakarta, Kamis (21/07/2022).

Baca juga
Giliran Foto Moeldoko dengan Tersangka Mafia Migor Viral di Medsos

Idi menambahkan yang penting juga dilihat adalah sumber masalah kerusakan di CCTV tersebut.

“Misalnya rusaknya adalah kameranya, ya tentunya rekaman bisa diselamatkan, misalkan decodernya, maka yang bisa diselamatkan adalah Hard disk yang di mana rekaman tersebut berada,” kata Idi.

Saat ini Idi juga menuturkan sudah banyak Kamera CCTV yang bisa tahan di segala kondisi cuaca. Kamera besertifikasi weatherproof merupakan kamera CCTV yang dirancang khusus berada di luar ruangan dengan fisik yang lebih handal daripada kamera CCTV biasa.

Kamera CCTV ini lebih tahan terhadap segala jenis perubahan cuaca, tahan terhadap air, musim dingin ekstrim hingga badai.

Baca juga
Kabinet 'Auto Pilot', Sebaiknya Jokowi Lempar Handuk Putih

“CCTV dengan sertifikasi IP67 keatas biasanya sudah weatherproof, dari mulai entry level sudah banyak di Indonesia,” ungkapnya.

i-PRO sendiri merupakan merek baru bagi produsen CCTV berteknologi AI yang berkomitmen untuk menghadirkan solusi keamanan bagi konsumen global terutama di Indonesia.

Panasonic Gobel Indonesia menjadi distributor yang akan menangani pasaran produk CCTV i-PRO di wilayah Indonesia.

Pada tahun 2022, ada beragam produk CCTV yang disodorkan, antara lain WV-S8544L,WV-S4576L, WV-S71300-F3,WV-S15700-V2LN, WV-U65302-Z2, M-46-FW. Semua perangkat CCTV ini mengusung teknologi Artificial Intelligent (AI) dan diklaim bisa dipasang dengan mudah, bahkan bagi mereka yang belum pernah menginstalasi CCTV sama sekali.

Tinggalkan Komentar