Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Cegah Sebaran COVID-19 Saat Mudik, Pemerintah Luncurkan Buku Elektronik

Cegah COVID-19 Saat Mudik, Pemerintah Luncurkan Buku Elektronik
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong.

Untuk membendung penyebaran COVID-19 ketika jutaan pemudik tengah bersilaturahmi di kampung halaman, pemerintah meluncurkan buku panduan elektronik.

Buku ini merupaka kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bersama Satgas COVID-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Agama (Kemenag), dan instansi lain. Buku elektronik (e-book) ini bertajuk Mudik Aman & Sehat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menyampaikan, keberadaan e-book “Mudik Aman & Sehat” sangat penting. Lantaran, antusiasme masyarakat untuk mudik pada tahun ini, cukup besar setelah dua tahun tak mudik. Lantaran adanya larangan pemerintah terkait mengganasnya pandemi COVID-19. Di mana, Kemenhub memprediksi jumlah pemudik 2022 mencapai 85,5 juta orang.

Baca juga
5 Fakta Menarik Film NUSSA Mencuri Perhatian Publik

“Melalui buku panduan “Mudik Aman & Sehat ini”, pemerintah ingin memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan terkait dengan mudik, protokol kesehatan selama mudik yang bisa diakses kapan saja, dan di mana saja,” ujar Usman  saat peluncuran e-book Mudik Aman & Sehat yang digelar Forum merdeka Barat (FMB), Jakarta, Senin (25/04/2022)..

Selain itu, informasi lain yang bisa didapatkan mulai dari nomor-nomor penting, syarat aturan mudik, program mudik gratis, jadwal rekayasa lalu lintas, tips mudik, informasi lalu lintas Korlantas Polri, titik vaksinasi di Tol Jagorawi, hingga peta kuliner mudik di Jawa.

Baca juga
6 Pertimbangan IDAI, Perlunya Vaksin COVID-19 Anak untuk Usia 6-11 Tahun

Dia menyampaikan, untuk mendukung kelancaran masyarakat dalam mengakses buku panduan “Mudik Aman & Sehat” serta aktivitas digital lainnya, Kemenkominfo juga telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama mudik dan Lebaran 2022.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Thonthowi Djauhari menambahkan, kehadiran buku panduan tersebut merupakan bentuk kolaborasi yang baik untuk membuat mudik Lebaran kali ini lebih aman dan sehat.

Tinggalkan Komentar