Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Cegah Varian Baru, Kemenkumham Batasi Orang Asing Masuk Indonesia

Minggu, 28 Nov 2021 - 15:13 WIB
Penulis : Anton Hartono
Kantor Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia - inilah.com
foto istimewa

Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi tentang pembatasan sementara orang asing masuk ke Indonesia untuk mencegah COVID-19 varian baru.

Dalam SE bernomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 itu menyebutkan Imigrasi/pejabat dinas luar negeri, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Kantor Imigrasi dan Kepala Detensi Imigrasi harus menyebarluaskan informasi kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas mengenai beberapa hal.

Surat edaran tersebut berlaku pada 29 November 2021 dan akan kembali dievaluasi lebih lanjut setelahnya.

Pertama, penolakan masuk sementara ke wilayah Indonesia bagi orang asing yang pernah tinggal atau mengunjungi Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Indonesia.

Kedua, penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria.

Baca juga
Kemenkumham Lelang Jabatan Dirjen Imigrasi, Terbuka untuk TNI-Polri

Terbitnya SE tersebut dimaksudkan untuk pemberlakuan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat dalam rangka pencegahan penyebaran varian baru COVID-19 B.1.1.529.

Tinggalkan Komentar