Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Cerita Lokasi Syuting Film Rumah Kaliurang di Sleman

Rabu, 26 Okt 2022 - 11:40 WIB
Rumah Kaliurang
Dokumentasi Rumah Kaliurang

Tempat syuting film Rumah Kaliurang di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah menjadi buah bibir masyarakat setempat karena tingkat keangkerannya.

Meski demikian, lokasi tersebut justru dipilih oleh Sutradara Dwi Sasono bersama kru lain untuk menjadi tempat syuting. Bahkan, dari sekian banyak pilihan tempat syuting yang mereka cari, pilihan tersebut pada akhirnya tetap jatuh kepada rumah itu.

Alasan pemilihan rumah itu sederhana. Dwi Sasono menyampaikan berdasarkan diskusi yang cukup panjang dengan seluruh kru, rumah tersebut dianggap paling sesuai dengan cerita yang dibangun dalam naskah oleh penulis.

“Pas ditanya lokasi (syutingnya) mau di mana yang sesuai dengan cerita? Terus enggak tahu gimana, ini ada rumah di Jogja. Pas saya liat rumahnya, wah iya nih udah serem gitu ya kan. Pas kita datang ke sana untuk melihat, kok secara susunannya, semua tuh, sesuai dengan denah rumah yang diciptakan oleh si penulis itu,” kata Dwi Sasono, saat ditemui di Jakarta, Selasa, (26/10/2022).

Baca juga
Sutradara dan Produser Film Miracle in Cell No 7 Asal Korea Selatan Terharu Lihat Cuplikan Film Versi Indonesia

Dwi Sasono menambahkan, ahirnya tempat syuting tetap pada pilihan pertama yang sudah terlihat sejak awal.

“Oke kita cari opsi rumah lain. Nggak ada yang sreg, semua balik ke situ lagi (Rumah Kaliurang). Jadi (kayaknya) rumah itu memang pengen tampil juga,” papar Dwi.

Pada awal pembuatannya, film ini terinspirasi dari sebuah urban legend yang terkenal di Yogyakarta. Tentang sebuah rumah tua terbengkalai yang kemudian disebut-sebut sebagai rumah angker.

“Film Rumah Kaliurang ini memiliki daya tariknya sendiri, salah satunya yaitu latar waktu. Karena kita menyajikan sebuah film dengan seting 90-an, ini sedikit berbeda dengan banyaknya film horor yang bermunculan saat ini,” ungkap Dwi Sasono.

Baca juga
Jadi Sutradara Film Rumah Kaliurang, Dwi Sasono Akui Nekat

Tak berhenti di sana, cerita film Rumah Kaliurang kian matang dengan plot yang sudah disusun dengan apik. Berawal dari kisah lima orang kawan yang pergi melakukan perjalanan untuk berlibur. Di antara lima orang ini, tokoh Kinan (Erika Carlina) dan Bram (Randy Pangalila) diceritakan sebagai sepasang kekasih. Cerita ini akan menjadi daya tarik tersendiri dari film ini menurut Erika.

“Pokoknya ditunggu nanti bagaimana aku dan Randy di situ. Harus nonton sendiri ya, untuk membuktikan aku berhasil atau enggak. Karena ada adegan yang dari awal, aku sudah ditantang sama pak sutradara,” ungkap Erika Carlina.

Tinggalkan Komentar