Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Cerita Mobil Putin Dicegat Bom hingga Selamat dari Percobaan Pembunuhan

Jumat, 16 Sep 2022 - 17:13 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Putin dibunuh pembunuhan - inilah.com
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: ist)

Presiden Rusia Vladimir Putin selamat dari usaha pembunuhan. Dikutip dari Mirror.co.uk, Jumat (16/9/2022), informasi soal percobaan pembunuhan terhadap Putin itu diungkap oleh saluran Telegram General SVR.

Menurut saluran Telegram General SVR yang selama ini dikenal anti-Kremlin, percobaan pembunuhan itu terjadi saat Putin dalam perjalanan pulang ke kediaman resminya.

Percobaan pembunuhan Putin melibatkan sejumlah kendaraan yang tiba-tiba mencegat iring-iringan kendaraan Putin. Iring-iringan itu terdiri dari lima kendaraan lapis baja, dengan Putin berada di kendaraan nomor tiga.

“Dalam perjalanan ke kediamannya, beberapa kilometer jauhnya, mobil pengawal pertama dihadang oleh sebuah ambulans, mobil pengawal kedua melaju tanpa berhenti (meskipun ada) rintangan tiba-tiba, dan mengambil rute memutari rintangan itu,” klaim General SVR dalam postingan Telegramnya.

Baca juga
Putin Akui Salah Soal Kebijakan Wajib Militer dan Minta Warganya Pulang

Pada kendaraan yang membawa Putin, sebuah letusan keras terdengar dari ban depan bagian kiri. Meski mendapat serangan, mobil Putin berhasil meloloskan diri dan selamat sampai di kediaman resmi.

“Pada akhirnya, jenazah seorang pria ditemukan di kursi pengemudi ambulans, yang menghadang mobil pertama dalam iring-iringan,” sebut General SVR dalam postingannya.

Usai kejadian itu, Kermlin dilaporkan menangkap sejumlah dinas keamanan Rusia, termasuk Kepala Keamanan. Serangan ini terjadi di tengah operasi militer Rusia ke Ukraina.

“Kepala pengawal kepresidenan dan beberapa orang lainnya telah dinonaktifkan dan ditahan,” klaim General SVR, tanpa menyebut identitas mereka yang ditahan.

Baca juga
Rusia Out dari Dewan HAM PBB, Indonesia Abstain

“Sekelompok kecil orang mengetahui pergerakan presiden dalam iring-iringan ini, dan mereka semua dari dinas keamanan kepresidenan. Usai insiden itu, tiga orang di antaranya menghilang. Ini persisnya orang-orang yang ada di dalam mobil pertama iring-iringan,” sebut General SVR.

“Nasib mereka tidak diketahui saat ini. Mobil yang mereka tumpangi ditemukan kosong beberapa kilometer dari lokasi insiden,” imbuh General SVR.

Meski begitu informasi General SVR itu belum bisa dikonfirmasi kebenarannya. Pasalnya Kremlin belum memberikan tanggapan resmi.
General SVR juga tidak disebutkan kapan percobaan pembunuhan itu terjadi.

General SVR diketahui kerap mengungkapkan informasi orang dalam Kremlin, namun tanpa memberikan bukti kuat. Saluran Telegram General SVR juga pernah merilis klaim soal Putin menderita penyakit dan para oligarki Rusia yang tewas misterius.

Tinggalkan Komentar