Sabtu, 13 Agustus 2022
15 Muharram 1444

Chandra Asri Bikin Aspal dari Sampah Plastik, Targetnya 100 KM di 2023

Kamis, 14 Apr 2022 - 17:51 WIB
Chandra Asri Bikin Aspal dari Sampah Plastik, Targetnya 100 KM di 2023
Jalankan ESG, Chandra Asri hasilkan aspal plastik.

Manfaatkan limbah atau sampah plastik, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk memproduksi aspal plastik. Targetnya mencapai 100 kilometer (km) hingga 2023.

Edi Rivai, Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri, menjelaskan, program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri, merupakan salah satu implementasi ESG (Environment, Social, Governance) Chandra Asri melalui program ekonomi sirkular untuk berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih.

“Program ini dapat terlaksana karena kolaborasi dan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dalam penanggulangan permasalahan sampah, khususnya sampah plastik. Menginisiasi kemitraan positif untuk implementasi aspal plastik adalah salah satu wujud partisipasi kami sebagai pemimpin pasar dalam penerapan ekonomi sirkular,” paparnya, Kamis (14/4/2022).

Sebagai mitra pertumbuhan, kata dia, program aspal plastik ini merupakan upaya untuk menciptakan nilai lebih dalam pengelolaan sampah plastik yang konsisten dan berkelanjutan. “Pengalaman kami kunci sukses dalam ekosistem daur ulang plastik adalah mulai dari pola pikir dan merubah prilaku pengumpulan sampah yang terpilah sejak awal timbulnya sampah sehingga selanjutnya dapat menghasilkan biaya produksi yang murah dan berkualitas,” ujar Edi.

Hingga Desember 2021, Chandra Asri telah menggelar aspal plastik sepanjang 50,8 km yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, bekerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga
Foto: Fasilitas IPST-ASARI Olah Sampah Plastik menjadi BBM Plas

Pembuatan aspal plastik ini, memanfaatkan 37,5 juta lembar sampah plastik; atau sama dengan 282 ton sampah yang berhasil terkelola dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dalam upaya pencapaian target gelaran aspal plastik, pada 2022 Chandra Asri bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut dan Yayasan Bakti Barito untuk membangun jalan aspal plastik di berbagai ruas jalan di Garut hingga 2023 nanti.

Implementasi aspal plastik yang dilakukan pada 2022, sepanjang 23 km dengan menggunakan 28,8 juta lembar sampah plastik jenis kantong kresek atau setara dengan mengelola sampah plastik dari TPA hingga 216,6 ton.

Baca juga
Implementasi Industri Hijau dan Pemulihan Ekonomi, Chandra Asri Jagonya

Program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri telah diimplementasikan sepanjang 50,8 km dan diselenggarkaan di berbagai daerah bekerja sama dengan berbagai mitra. Gelaran aspal plastik di berbagai kota seperti Cilegon, Tegal, dan Semarang merupakan hasil kerja sama dengan pemerintah setempat. Selain itu, Chandra Asri juga menggelar kerja sama aspal plastik dengan institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia (UI) di Depok, dan Universitas Dian Nuswantoro di Semarang.

Chandra Asri juga telah melakukan berbagai inisiatif dalam bidang ekonomi sirkular. Pada tahun 2021, Chandra Asri meresmikan Industri Pengelolaan Sampah Terpadu Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST ASARI) di kota Cilegon, dengan kolaborasi bersama masyarakat setempat dalam pengelolaannya.

Baca juga
Foto: Nelayan Kumpulkan Sampah Plastik di Pantai Anyer

 

Tinggalkan Komentar