Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

China Akan Bangun Tambang Batu Bara Terbesar Berkapasitas 559 Juta Ton

Sabtu, 01 Okt 2022 - 13:15 WIB
China Akan Bangun Tambang Batu Bara Terbesar Berkapasitas 559 Juta Ton
Tambang Baru Bara/ Foto: ist

China akan membangun tambang batu bara terbesar yang memiliki kapasitas produksi sebesar 559 juta ton pada awal tahun 2023. Dengan begitu hampir sepertiga tambang batu bara dunia akan berlokasi di China.

Tambang ini diproyeksi akan menyumbang sekitar 29 persen batu bara dari total produksi global menurut data Global Energy Monitor.

Untuk posisi kedua produksi batu bara terbesar berada di Australia dengan pangsa pasar sebesar 17 persen, selanjutnya India dan Rusia masing-masing 16 persen.

China sendiri menambang sebanyak 4,01 miliar ton batu bara pada tahun 2021. Angkanya meningkat setelah produksi naik ke level rekor guna mencegah terjadinya listrik pada tahun lalu yang sudah melumpuhkan perekonomian.

Baca juga
Pekat Batu Bara Selubungi Kilau Bintang Komjen Agus

Menurut Bloomberg Intelligence, target produksi batu bara China pada Agustus dinaikkan menjadi 12,5 juta ton per hari. Hal ini demi mengejar target produksi tahunan sebesar 4,56 miliar ton.

China berusaha mempertahankan harga spot yang tangguh dengan cara memprioritaskan pengiriman ke pelanggan kontrak berjangka dan impor. Namun hal itu kemungkinan akan mendapatkan tekanan besar mengingat kondisi geopolitik saat ini.

Tinggalkan Komentar