Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

China Dilanda Cuaca Ekstrem, Panas Menyengat Sampai Hujan Lebat

Kamis, 14 Jul 2022 - 00:00 WIB
Anomali Cuaca di China, Panas Menyengat Sampai Hujan Lebat
Anomali Cuaca di China, Panas Menyengat Sampai Hujan Lebat

Sejumlah daerah di China mengalami anomali cuaca yang ekstrem. Beberapa daerah mengalami cuaca panas yang menyengat hingga menembus rekor, sementara wilayah lain diterjang hujan lebat hingga menyebabkan banjir.

Suhu udara di timur Provinsi Jiangsu dan Kota Shanghai memecahkan rekor bulan Juli. Pada Rabu (13/7/2022) Administrasi Meteorologi China mengatakan suhu di Kota Yixing di Jiangsung mencapai 41,3 derajat Celsius. Ini menjadi rekor terbaru dalam sejarah.

Tagar #Heatstroke menjadi trending di media sosial. Diskusi tentang orang-orang yang masuk rumah sakit atau mengalami kerugian karena gelombang panas tampil 2,45 juta kali di media sosial Weibo. “Cuaca tahun ini sangat panas dan abnormal, sudah lebih dari 30 derajat Celsius selama dua bulan,” tulis salah satu pengguna Weibo.

Pakar menilai gelombang panas tak biasa ini disebabkan pemanasan global. Suhu udara maksimal di sebagian Provinsi Sichuan, Jiangsu, Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Hubei, dan Anhui serta Kota Chongqing dan Shanghai mencapai 37 hingga 39 derajat.

Baca juga
360 Santri PP Islam Bustanul Ulum Mengungsi Akibat Banjir di Jember

Suhu udara di kota-kota seperti Luzhou dan Yibin di Sichuan dan Zhaotong di Yunnan, serta Kota Shaoxing, Ningbo, Jiaxing, dan Huzhou di Zhejiang, serta Kota Changzhou dan Wuxi di Jiangsu mencapai 40 sampai 42 derajat Celcius.

Sementara itu hujan lebat tak berhenti mengguyur sebagian Provinsi Gansu, Shaanxi, Shanxi, Shandong, Hebei, Liaoning, Jilin, Heilongjiang, dan daerah Mongolia Dalam. Ramalan cuaca memprediksi gelombang panas dan hujan akan berlanjut selama beberapa hari ke depan.

Tinggalkan Komentar