Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

China Kecam Sanksi Barat untuk Rusia

Xi dan Putin - inilah.com
Presiden China dan Presiden Rusia Vladimir Putin - ist

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengungkapkan negaranya tidak ingin terdampak sanksi ekonomi Barat terhadap Rusia.

“China bukan pihak dalam krisis, apalagi ingin terdampak sanksi,” kata Wang Yi dilansir dari AFP, Selasa (15/3/2022).

Hal ini disampaikan seiring meningkatnya desakan terhadap Beijing untuk menarik dukungan dari Moskow. China, kata dia, menentang sanksi negara barat ke Rusia.

“China selalu menentang penggunaan sanksi untuk menyelesaikan masalah, apalagi sanksi sepihak yang tidak memiliki dasar hukum internasional, yang akan membahayakan mata pencaharian masyarakat di semua negara,” ujar Wang.

Komentar Wang itu diterbitkan setelah pertemuan tujuh jam antara pejabat tinggi China dan Amerika Serikat di Roma, Italia. Dalam pertemuan itu, Washington menyampaikan keprihatinan akan hubungan dekat antara Rusia dan China.

Baca juga
DPR Santai Sikapi Munculnya Snack Bergambar Kaesang di Garuda

Beijing hingga kini tidak secara terbuka mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Media AS melaporkan bahwa Rusia telah meminta bantuan militer dan ekonomi dari China seiring pasukannya terus bertempur di Ukraina dan ekonominya yang dinilai negara Barat menghadapi kehancuran akibat sanksi-sanksi Barat.

Tinggalkan Komentar