Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

China Perketat Pengawasan Siaran Langsung di Media Sosial

Senin, 18 Apr 2022 - 16:40 WIB
China Siaran Langsung
(ilustrasi)

Lembaga pengawas internet di China mulai mengadakan kampanye untuk membersihkan ‘kekacauan’ pada siaran langsung di media sosial, demi konten yang layak dan legal di negara tersebut.

Mengutip Reuters, Senin (18/4/2022), Cyberspace Administration of China memulai kampanye ini dengan mengawasi konten ‘pornografi, jelek, aneh, palsu, dan judi’.

Kampanye ini berlangsung selama dua bulan ke depan, menargetkan perusahaan jaringan multikanal (MCN), video pendek dan siaran langsung (live streaming). Selain itu, akun-akun yang yang menyiarkan konten ilegal juga akan ditindak.

Pada tahun lalu China mengadakan ‘operasi khusus’ untuk menghapus lebih dari 1 miliar akun online dan ribuan situs, sebagai upaya agar ruang digital mereka sesuai dengan nila-nilai sosialis yang dianut negara itu,

Baca juga
Tersandung Isu Miring 'Crazy Rich', Gilang Juragan 99 Sibuk Urus Arema

Pada kampanye tahun ini, China menambah perusahaan MCN, pertanda regulator mulai menaruh perhatian pada perusahaan yang berada di balik konten yang viral di media sosial.

Perusahaan MCN juga biasanya memanajeri pemengaruh (influencer), yang belakangan ini juga menjadi sorotan untuk isu penghindaran pajak.

Regulator juga memperingatkan bahwa platform siaran langsung dan video singkat yang tiadk memberikan sumber pendapatan dari penyiar atau operator akan, atau tidak mendeklarasikan pajak untuk menghindari pajak, juga akan menjadi target kampanye ini.

Tinggalkan Komentar