Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

China Siapkan Hadiah Rp217 Juta bagi Pelapor Pengancam Keamanan Negara

Kamis, 09 Jun 2022 - 05:39 WIB
China Hadiah
(ilustrasi)

Kementerian Keamanan Negara China (MSS) mengeluarkan regulasi tentang pemberian hadiah maksimal 100.000 yuan atau sekitar Rp217 juta kepada warga yang bersedia melaporkan berbagai aktivitas yang membahayakan keamanan nasional.

Dalam regulasi baru itu, MSS menjelaskan secara spesifik mengenai situasi, metode, standar, dan prosedur pemberian hadiah tersebut sesuai dengan Undang-Undang Keamanan Nasional, Undang-Undang Anti-Spionase, dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Keamanan nasional China sedang menghadapi situasi yang sangat kompleks karena agen intelijen dan kekuatan asing sedang mengintensifkan aktivitasnya dalam menginfiltrasi dan mencuri rahasia China, demikian pernyataan seorang direktur MSS dikutip media setempat.

Direktur di bawah kementerian intelijen negara tersebut menambahkan bahwa warga di seluruh pelosok daratan Tiongkok secara aktif telah melaporkan segala situasi yang membahayakan keamanan negara kepada otoritas setempat dalam beberapa tahun terakhir, telah berperan penting dalam penindakan terhadap aktivitas yang mengganggu keamanan, dan mencegah segala risiko keamanan.

Baca juga
Tiga Katalis Positif Antar IHSG Tembus Level Psikologis 7.000

Warga yang laporannya memenuhi syarat spesifik akan mendapatkan hadiah 100.000 yuan. Untuk mendapatkan uang sebesar itu, warga setempat harus memberikan laporan secara detail tentang ancaman terhadap keamanan nasional, situasi yang belum diketahui oleh agen MSS, dan laporannya benar-benar bernilai.

Dalam regulasi yang baru dirilis MSS itu juga tercantum tata cara pelaporan, termasuk nomor telepon hotline MSS, alamat situs resmi, alamat surat, atau alamat kantor.

Saat melapor, warga diminta menggunakan nama dan identitas asli dengan jaminan dijaga kerahasiannya, demikian bunyi regulasi MSS yang beredar luas di China.

Tinggalkan Komentar