China Tuding AS Manfaatkan Taiwan untuk Perang Terbuka

China Tuding AS Manfaatkan Taiwan untuk Perang Terbuka - inilah.com
ist

China menuding As sengaja memanfaatkan Taiwan untuk perang terbuka. Zhang Jun, Duta Besar China untuk PBB bahkan meminta komunitas internasional menyerukan AS untuk berhenti menyeret Taiwan ke dalam perang. 

“Pada saat ini, yang harus kita sebut adalah bahwa ASmenghentikan praktik semacam itu. Menyeret Taiwan ke dalam perang, tentu saja, bukanlah kepentingan siapa pun,” kata Zhang dilansir dari Sputnik, Minggu (24/10/2021).

Awal Oktober 2021, Wall Street Journal melaporkan bahwa Marinir AS dan pasukan operasi khusus diam-diam melatih tentara Taiwan untuk mempertahankan diri dari kemungkinan agresi China. AS dan pasukan sekutu juga sedang menggelar latihan bersama di Laut China Selatan.

Baca juga  Menteri PPPA Ungkap Beban Mental Keluarga Novi

“Beberapa negara, khususnya AS, mengambil tindakan berbahaya, membawa situasi di Selat Taiwan ke arah yang berbahaya,” kata Zhang.

China beberapa waktu terakhir terus mengirim pesawat militer ke wilayah sekitar Taiwan. Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng sebelumnya mengklaim bahwa Beijing mungkin mempertimbangkan untuk melakukan invasi skala penuh ke pulau itu pada tahun 2025. 

Sebagai informasi, China mengklaim Taiwan adalah wilayahnya. China mengangap Taiwan adalah provinsi ‘pembangkang’ yang memisahkan diri. Taiwan berdiri ketika partai nasionalis oposisi mundur pada tahun 1949 pada masa perang saudara. Di sana partai tersebut mendirikan pemerintahan independen.

Presiden As Joe Biden juga telah menyatakan sikap. Ia akan membela Taiwan meski harus menempuh perang terbuka dengan China.

Baca juga  Kamala Harris jadi Presiden Wanita Pertama Amerika Serikat

“Saya tidak ingin perang dingin dengan China. Saya hanya ingin China memahami bahwa kami tidak akan mundur,” kata Biden dalam acara CNN Town Hall di Baltimore, Kamis (21/10/2021).

Tinggalkan Komentar