Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Citra Satelit Tangkap Pergerakan Militer Rusia di Perbatasan Ukraina

Citra Satelit Tangkap Pergerakan Militer Rusia di Perbatasan Ukraina
Citra Satelit Tangkap Pergerakan Militer Rusia di Perbatasan Ukraina

Sejumlah gambar citra satelit komersial dari sebuah perusahaan Ameriksa Serikat menunjukkan pengerahan baru militer Rusia di dekat Ukraina.

Gambar-gambar tersebut memberi indikasi serius bahwa Moskow terus menambah jumlah pasukannya di tengah upaya diplomasi untuk meredakan krisis di Ukraina.

Maxar Technologies yang berbasis di AS telah menelusuri peningkatan kekuatan Rusia selama beberapa pekan. Perusahaan itu mengatakan gambar-gambar tersebut terekam pada Rabu 9 Februari 2022 dan Kamis 10 Februari 2022. Citra satelit menangkap pengerakan militer Rusia dengan jumlah yang signifikan di sejumlah lokasi di Krimea, Rusia barat dan Belarus. Meski Reuters tidak bisa secara independen memastikan kebenaran gambar-gambar itu.

Baca juga
BMKG Bangun 17 Pendeteksi Gempa Bumi

Di Belarus, tempat utama latihan gabungan, Maxar mengatakan telah mengidentifikasi adanya tentara, kendaraan militer dan helikopter di landasan udara Zyabrovka dekat Gomel, yang berjarak kurang dari 25 km dari perbatasan Ukraina.

Dalam pernyataan yang dikirim via surel pada Kamis, Maxar mengatakan sejumlah besar tentara dan peralatan militer baru-baru ini telah tiba di area latihan Kursk di Rusia barat, sekitar 110 km arah timur perbatasan Ukraina.

Rusia tidak mengungkapkan berapa banyak tentara yang telah mereka kerahkan dan mengatakan bahwa mereka berhak mengerahkan tentara di wilayahnya sendiri jika diperlukan. Moskow bersikeras pengerahan itu tidak bermaksud untuk mengancam siapa pun.

Baca juga
Rusia Gunakan Rudal Hipersonik Hancurkan Gudang Senjata Ukraina

Ketegangan antar Rusia dengan Ukraina makin mendekati titik nadir. Sejumlah negara barat dan Eropa memutuskan untuk meminta warga negaranya meninggalkan Ukraina. Mereka takut invasi ke Ukraina bisa terjadi kapan saja dan tanpa pemberitahuan.

Tinggalkan Komentar