Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

COVID-19 belum Usai, Masyarakat Masih Diizinkan tak Gunakan Masker

Senin, 04 Jul 2022 - 19:17 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Menkes Budi masker - inilah.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin - dok Setkab

Masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan masih diperbolehkan tidak menggunakan masker. Belum ada aturan untuk kembali menggunakan masker. Hari ini tercatat masih terjadi penambahan COVID-19 sebanyak 1.434 kasus.

“Memang belum ada perubahan dari kebijakan mengenai masker, dari yang terakhir disampaikan oleh pemerintah. Jadi di luar diizinkan untuk tidak menggunakan masker, sedangkan di dalam ruangan diharapkan diimbau untuk memakai masker,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022).

Budi menyebut penggunakan masker disarankan digunakan ketika dalam keadaan-keadaan khusus. Hal itu disampaian Budi menjawab pertanyaan wartawan terkait pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menyebut pelonggaran masker dicabut.

Baca juga
Pandemi Terkendali, Saraswanti Indoland Pede Pendapatan Menanjak

“Untuk keadaan-keadaan khusus di luar, misalnya kerumunannya sangat padat sekali, kemudian ada banyak yang batuk-batuk di deket kita, atau diri kita sendiri merasa tidak sehat, sebaiknya menggunakan masker. Tidak ada perubahan mengenai masker,” tutur Budi.

Sebelumnya, Ma’ruf menyampaikan masyarakat harus kembali memakai masker saat kunjungan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, (1/7) pekan lalu.

“Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, (saat) ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi kelonggaran itu kita tarik dulu sampai nanti situasinya memungkinkan baru kita buka lagi,” kata Ma’ruf Amin.

 

Tinggalkan Komentar