Covid-19 Makin Landai, Tetapi Kebijakan Selalu Berubah

Covid-19 Makin Landai, Tetapi Kebijakan Selalu Berubah  - inilah.com
foto istimewa

Pandemi Covid-19 di Indonesia mulai melandai, namun kebijakan pemerintah masih selalu berubah ubah.  Hal tersebut disebabkan karena pemerintah terus mengikuti perkembangan situasi pandemi. Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr. Reisa Broto Asmoro. 

“Masih ingat ya kalau tahun lalu, kita punya prinsip gas dan rem. Kurang lebih seperti itu,” kata dr. Reisa, Senin (25/10/2021).

Reisa menuturkan, semua kebijakan yang dibuat pemerintah berfungsi untuk mengawasi mobilitas masyarakat yang kembali tinggi tetap dalam kondisi aman dan terkendali selama masa pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Walaupun aktivitas mulai dibuka, namun kalau prokes kita ketat dan vaksinasi, maka kita tetap dapat terhindar dan meminimalkan potensi lonjakan kasus di kemudian hari,” ujar dia.

Baca juga  Usai Alami COVID-19 Muncul Penyakit Diabetes, Ini Cara Mengatasinya

Dia menambahkan, berbagai kebijakan pencegahan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diterapkan oleh pemerintah, akan selalu dievaluasi untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia.

Protokol kesehatan seperti skrining, kata dia, juga harus ditingkatkan guna memastikan semua pelaku perjalanan dalam kondisi yang sehat dan terus menjaga kasus Covid-19 tetap dalam keadaan landai.

“Salah satu upaya protokol kesehatan yang ketat adalah dengan mengevaluasi peraturan secara berkala. Salah satunya terkait protokol kesehatan perjalanan orang dalam negeri,” tutup dr. Reisa. 

Tinggalkan Komentar