Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

COVID-19 Melandai, Namun Positivity Rate Masih Tinggi

Senin, 04 Jul 2022 - 19:53 WIB
Wamenkes covid melandai - inilah.com
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono - dok Kemkes

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia mulai melandai. Namun ia mengakui angka tingkat positif atau positivity rate masih tinggi.

“Mulai landai minggu ini walaupun positivity rate-nya masih tinggi tapi sudah mulai landai angkanya. Mudah-mudahan kita sudah mencapai peak di Jakarta,” kata Dante di pembukaan Konferensi Asosiasi Dokter Medis Sedunia 2022 di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Kasus COVID-19 di Indonesia per hari ini terjadi penambahan sebanyak 1.434 kasus. Tingkat positif nasional pada 3 Juli 2022 untuk kategori orang harian adalah 5,14 persen. Jumlah ini berada di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yaitu lima persen.

Baca juga
Lagi, Muncul Varian Baru Covid-19, Bernama R.1

“Kita lihat sudah mulai landai dibandingkan dengan yang kemarin, sudah mulai bagus di Jakarta,” ujar Dante.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali dari 5 Juli sampai dengan 1 Agustus 2022.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, keputusan itu disampaikan dalam Rapat Kabinet Terbatas Evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana.

Jokowi juga meminta para Menteri untuk melakukan pendekatan untuk mendorong masyarakat melakukan vaksinasi ketiga atau booster.

Tinggalkan Komentar